[:id]Sayembara Desain Pony – Traktor Merah Landmark Teknik Pertanian & Biosistem UGM[:]

[:id]Latar Belakang

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada memiliki visi menjadi pusat unggulan di bidang teknik pertanian dan biosistem untuk mendukung pembangunan agroindustri tropis yang berkelanjutan. Untuk mendukung pencapaian visi tersebut, penguatan citra organisasi dengan upaya branding perlu untuk dilakukan. Tahun 2016, departemen sudah menetapkan slogan “Proud to be an Agricultural Engineer” sebagai salah satu bentuk branding yang dikenalkan melalui setiap aktivitas promosi di sosial media. Bentuk branding lain adalah dengan membangun landmark, bangunan atau monumen, yang merepresentasikan identitas suatu organisasi.

Salah satu landmark departemen yang sudah ada dan dikenal oleh masyarakat umum adalah monumen traktor merah yang mempunyai nama Pony, bertempat di sisi timur komplek Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Kondisi saat ini, monumen tersebut kurang terawat dan perlu untuk direvitalisasi. Selain mempertimbangkan keberlanjutan situs sejarah, monumen ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai spot untuk mendukung branding departemen. Oleh karenanya, perbaikan dan pemeliharaan monumen dengan sentuhan desain yang artistik, unik, dan mewakili keilmuan Teknik Pertanian dan Biosistem diperlukan untuk segera dilakukan.

Guna menumbuhkan rasa memiliki dan kebanggaan terhadap departemen, maka proses desain landmark monumen traktor Pony akan melibatkan civitas akademika, mahasiswa, dan alumni Teknik Pertanian dan Biosistem/Mekanisasi Pertanian. Bertepatan juga dengan acara ulang tahun Perhimpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (PERMATETA) yang ke-44, maka Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem bekerja sama dengan PERMATETA menyelenggarakan “Sayembara Desain Pony:Traktor Merah Landmark Departemen Teknik Pertanian & Biosistem”. Adapun syarat dan ketentuannya sebagai berikut.

Kriteria Desain:

  1. Artistik dan kekinian, dapat menjadi photospot
  2. Warna traktor Pony dipertahankan dengan warna merah dengan posisi yang sama.
  3. Apabila akan menggunakan logo ugm, silakan merujuk pada aturan brand guideline UGM pada link berikut (http://brand.ugm.ac.id/brand-guideline/ )
  4. Brand warna untuk Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem adalah paduan dominan Biru Tua (C100 M035 Y000 K060) dan Kuning (C000 M018 Y100 K000).
  5. Desain landmark dibatasi berupa penambahan tulisan, pegecatan, penambahan ornamen yang tidak mengubah sturukur bangunan asli.
  6. Karena keterbatasan lokasi, sudut pandang pengambilan foto terbaik adalah dari sisi agak samping, Lihat Gambar 1. Untuk referensi area yang bisa dikreasikan dan sudut pengambilan foto.
Gambar 1. Area yang dapat dikreasikan adalah yang diblok warna kuning

Peserta

  1. Dosen, Karyawan, Teknisi Teknik Pertanian dan Biosistem UGM
  2. Mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem UGM
  3. Alumni Teknik Pertanian dan Biosistem UGM

Periode Lomba:  1 – 30 Mei 2018

Hadiah:

  1. Tersedia hadiah untuk 10 Besar Desain terbaik pilihan panitia
  2. Tersedia hadiah untuk tiga (3) besar terfavorit via Instagram
  3. Hadiah utama untuk pemenang dengan desain yang terpiliah berupa External Hardisk 1TB

Format pengumpulan:

Desain dapat diwujudkan dalam gambar sketsa, gambar sket proyeksi 2D ataupun 3D, gambar teknik, atau dengan Google Sketchup. File bisa dikirimkan dalam format CDR, PDF, PNG, SVG, atau AI dirkimkan melalui email tpb@ugm.ac.id dengan subjek SAYEMBARA_PONY_[NAMA PENGIRIM].

Apabila mempunyai akun instagram, bisa diupload di instagram pribadi untuk mengikuti kategori favorit Logo dan Brand, masing-masing satu post dengan tagar #ponytpbugm dan mention akun ig deparemen @tpb.ugm.

Disclaimer:

Desain yang masuk menjadi hak cipta departemen namun ada pengakuan terhadap karya. Untuk Implementasi Desain pada monumen menjadi kewenangan Departemen sepenuhnya termasuk bila diperlukan penyesuaian. Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat.

Informasi lebih lanjut:

OA Line: @oqr8961x
Email: tpb@ugm.ac.id
Facebook : @tpbUGM
Instagram: @tpb.ugm
Website: www.tpb.tp.ugm.ac.id[:]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.