Kunjungan Mahasiswa S1 Teknik Pertanian ke Perum Jasa Tirta II

Senin 15 Oktober 2018. Mahasiswa angkatan 2016 S1 Teknik Pertanian melakukan kunjungan industri ke salah satu perusahaan BUMN yg bergerak di bidang pengusahaan dan pengelolaan sumber daya air yaitu Perum Jasa Tirta II. Lokasi perusahaan terletak di Purwakarta, Jawa Barat.

Kunjungan dimulai dengan pemaparan profil perusahaan oleh Manajer Operasi & Pengelolaan Data SDA & SDL, Divisi Pengelolaan SDA & SDL Bapak Andri Sewoko. Mahasiswa dikenalkan dengan berbagai kegiatan operasional perusahaan dalam mengusahakan dan mengelola sumber daya air. Sistem manajemen pengelolaan air sehingga dapat mencukupi kebutuhan air irigasi sawah di area hilir secara detail dijelaskan. Sungai- sungai yang dikelola menjadi bendungan serta pemanfaatan air bendungan tersebut untuk perikanan, pembangkit listrik, serta pariwisata juga dipaparkan dalam sesi tersebut.

Mahasiswa Menerima Penjelasan tentang PJT II Jatiluhur

Kunjungan dilanjutkan ke salah satu area bendungan yaitu waduk Ir. H. Djuanda. Mahasiswa melihat secara langsung bagian-bagian utama bendungan dan beberapa sensor yang terpasang di bangunan bendung tersebut. Mahasiswa juga mendapatkan penjelasan tentang operasional pintu air dan bagaimana menjaga keamanan bendungan.

Mahasiswa melihat Bendungan Ir. H. Djuanda

Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi area pembangkit listrik. Mahasiswa diperkenankan untuk masuk ke area turbin dan generator untuk melihat secara langsung kondisi turbin yang beroperasi menghasilkan listrik. Berbagai macam hal didiskusikan saat kunjungan mulai dari sejarah pembangunan, kapasitas listrik yang dihasilkan, sampai dengan permasalahan-permasalahan teknis yang banyak dihadapi.

Kontributor dan foto: Yudha Dwi Prasetyatama

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.