tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Workshop Persiapan Akreditasi ABET S1 Teknik Pertanian UGM
Tuesday December 4th, 2018
0

[Road to ABET] Program Studi S1 Teknik Pertanian UGM sedang mempersiapkan kurikulum dan dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan akreditasi internasional dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET). Beberapa waktu yang lalu, tim taskforce ABET TEP mendapat pemahaman dari narasumber dengan latar belakang Teknik. Kali ini Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem mengundang Narasumber dari Prodi sejenis yaitu dari Department of Agricultural and Biological Engineering, Purdue University, USA, yaitu Prof. John H. Lumkes. Banyak masukan dan feedback yang yang diperoleh selama workshop bagi prodi Teknik Pertanian untuk perbaikan kurikulum sesuai kriteria ABET. Pengajuan akreditasi masih akan melalui beberapa tahap lagi dan workshop ini merupakan langkah awal.

Suasana workshop

Dengan memperoleh akreditasi dari ABET, maka Program Studi akan:
1. Mendapatkan verifikasi bahwa pelaksanaan pembelajaran di Prodi S1 Teknik Pertanian memenuhi standar global untuk pendidikan teknik
2. Meningkatkan peluang kerja di perusahaan multinasional yang memerlukan kelulusan dari program terakreditasi.
3. Mendukung untuk menuju ke profesi teknis melalui lisensi, pendaftaran, dan sertifikasi – yang seringkali memerlukan kelulusan dari prodi yang diakreditasi ABET sebagai kualifikasi minimum.
4. Membuka jalan bagi lulusan untuk bekerja secara global, karena akreditasi ABET diakui di seluruh dunia melalui perjanjian internasional.

Penyerahan cinderamata

 

Kontributor: Rudiati Evi Masithoh
Foto: media team

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.