tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Mengikuti Pertukaran Pelajar di Yamagata University 2018-2019
Tuesday March 12th, 2019
0

Mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM kembali mengikuti program pertukaran pelajar di Fakultas Pertanian Yamagata University yang berada di kota Tsuruoka, perfektur Yamagata, Jepang. Melalui JASSO, program pertukaran pelajar antara UGM dengan Yamagata University telah terjalin dari tahun 2013 dan saat ini telah memasuki tahun ke-6.

Amalia di depan Kampus Yamada

Seorang mahasiswa DTPB, Amalia Adinugraha Arisakti (Amalia) berkesempatan untuk mengikuti program tersebut selama setahun mulai dari bulan September 2018 hingga bulan Agustus 2019. Selama satu tahun tersebut Amalia menjadi bagian dari Postharvest Physiology Laboratory, Departement of Plant and Bioresources Science. Di bawah bimbingan Professor Murayama Hideki, Amalia melakukan penelitian mengenai pascapanen dan penyimpanan terhadap kualitas edamame kultivar Shirayama yang merupakan kultivar unggulan yang ada di daerah Tsuruoka. Kualitas yang diamati dan diukur antara lain adalah warna dari kulit, kadar gula yang terkandung, kadar asam glutamat yang terkandung dan uji sensoris.

Edamame yang sedang diteliti

Menurut Amalia, mengikuti program pertukaran pelajar ini merupakan hal yang dapat mengembangkan diri dan merasakan etos kerja serta budaya yang ada di Jepang. Selain melakukan penelitian di kampus, terdapat wadah bagi mahasiswa Indonesia melalui PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) komisariat Yamagata untuk mengembangkan potensi diri.
Harapan dari Amalia, semoga makin banyak lagi program serupa yang dapat diikuti oleh mahasiswa DTPB dan DTPB juga membuka kerja sama dengan universitas-universitas di luar negeri sehingga koneksi dan juga keilmuan yang dapat diterima departemen maupun mahasiswa makin luas.

Penampilan bersama PPI Yamagata
Penampilan bersama PPI Yamagata

Kontributor dan foto: Amalia Adinugraha Arisakti

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.