tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Kuliah Tamu: Proses produksi keju mozarella
Thursday April 25th, 2019
0

Dalam meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa Teknik Pertanian FTP UGM dalam bidang bioproses, maka Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) mengundang praktisi Maftuh Kafiya, STP, M.Si. untuk mengisi kuliah tamu Mata Kuliah Teknik Bioproses dengan tema proses produksi keju mozarella. Maftuh Kafiya adalah alumni Teknik Pertanian FTP UGM tahun 2008 dan saat ini banyak melakukan bisnis produksi keju mozarella yang dikembangkan bekerja sama dengan peternak sapi di kawasan Kaliurang.

Proses pengasaman susu

Susu banyak dihasilkan peternak sapi di Yogyakarta, namun sampai saat ini pemanfaatannya masih sebagai produk susu segar yang dijual langsung ke konsumen atau dikirim ke pabrik pengolah susu terdekat. Peningkatan nilai tambah susu bisa dilakukan dengan mengolah susu menjadi aneka ragam olahan, salah satunya keju mozarella yang saat ini sangat populer di kalangan konsumen.
Proses produksi keju diawali dengan pasteurisasi susu, pengasaman, proses pemberian enzim, pemanasan, pemisahan curd dan whey, dan stretching. Terakhir, keju direndam dalam air garam selama 8 jam. Selanjutnya keju bisa dikonsumsi.

Kuliah tamu dimulai dengan teori diikuti langsung dengan praktek pembuatan keju. Mahasiswa mengikuti kuliah dan praktek ini dengan bersemangat.

Proses pemisahan curd dan whey

Kontributor: Joko Nugroho

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.