tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia

Internet Access

UGM-Secure adalah Wifi dengan sebuah protokol keamanan yang digunakan untuk melakukan login akun secara terpusat untuk mengakses jaringan. UGM-Secure dilengkapi dengan sertifikat yang dibutuhkan user untuk bisa masuk ke jaringan wifi ini. Jaringan ini lebih secure dari pada UGM-Hotspot karena saat login, user diminta menyertakan sertifikat yang telah di generate dan dapat di downlod di oit.ugm.ac.id/tutorial. Akun yang digunakan untuk login ada 2 yaitu akun email UGM (nama_akun@ugm.ac.id atau nama_akun@mail.ugm.ac.id)

UGM-Hotspot merupakan Captive Portal Jaringan Nirkabel UGM menggunakan Chillispot yang juga memiliki keamanan autentikasi login menggunakan LDAP UGM yang ada di PPTIK yaitu email ugm. Bedanya UGM-Hotspot tidak perlu menggunakan sertifikat untuk login. Cara ini diterapkan demi alasan mengamankan data serta membatasi akses pihak luar yang bisa merugikan UGM. Secara bertahap semua access point di lingkungan UGM akan di jadikan UGM-Hotspot atau UGM-Secure sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Bagaimana cara menggunakan Fasilitas tersebut ?
Seperti telah dijelaskan diatas sistem ini menggunakan login dengan user akun email UGM, oleh karena itu bagi yang ingin memanfaatkan fasilitas tersebut harus memiliki akun email UGM, atau akun tertentu yang dapat dibuat oleh pengelola setempat sebagai contoh untuk kebutuhan tamu (user di luar UGM).

Kemudahan yang anda dapatkan 
Anda akan dapat mengakses internet dengan koneksi nirkabel (wifi) dengan cara terkoneksi ke Hotspot yang tertulis SSID UGM-Hotspot, di seluruh lingkungan kampus UGM.