tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia

Admission of Graduate Program

Website penerimaan mahasiswa baru UGM

 

Kriteria calon mahasiswa /pendaftaran :

Persyaratan umum

  1. Lulus Sarjana S-1 dari disiplin ilmu-ilmu pertanian dan bidang ilmu lain yang relevan, seperti ilmu Kehutanan, Teknologi Pertanian, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Biologi, Teknik, khususnya bidang ilmu teknik sumberdaya air dari perguruan tinggi yang diakui oleh pemerintah (cq. Diknas) dengan menyertakan fotocopy ijazah dan traskrip nilai
  2. Kemampuan bahasa Inggris yangmemadahi dengan dinyatakan dengan nilai TOEFL atau sejenis
  3. Nilai Tes Kemampuan Akademik (TPA) atau sejenis.
  4. Surat ijin atasan calon karyasiswa, bagi calon yang sudah bekerja

 

Kriteria calon mahasiswa

  1. Lulus sarjana S-1 dari disiplin ilmu yang relevan dengan bidang teknik pertanian, seperti ditunjukkan dalam persyaratan umum di atas
  2. Mempunyai kemampuan akademik yang memadahi, yang ditujukkan dengan nilai Indeks Prestasi minimum 2,75
  3. Memunyai kemampuan akademik dan kemampuan untuk menyelesaikan proses pendidikan

 

Metode evaluasi dan peningkatan kualitas serta standar pembelajaran

Evaluasi kualitas input: Melalui penyaringan calon mahasiswa yang mendaftar. Kriteria dan prosedur mengikuti SOP yang ada di Universitas dan Fakultas. Pada prinsipnya intrumen yang dioakai adalah nilai TOEF atau sejenisnya, nilai TAP atau sejenisnya, IP minimum S1, Nilai akreditasi Prodi asal S1.

Kualitas proses pembelajaran: dilakukan dengan cara mengevaluasi dan meningkatkan kualitas penyediaan bahan ajar berikut kelengkapannya (silabi, RPKPS), perkulihaan (kehadiran dosen dan mahasiswa, soal ujian) dan monitoring dan evaluasi thesis di akhir tahun. Monitoring kualitas Thesis dikoordinasi oleh KaProdi dan dosen pembimbing diharuskan hadir. Fokus evaluasi ditekankan pada perwujudan substansi kompetensi dalam materi thesis. Domain pencapaian kulitas pembelajaran dalam proses perkuliahaan ada pada dosen pengampu mata kuliah, sedangkan domain pencapaian kualitas thesis ada pada tim dosen pembimbing.

Kualitas output: dilakukan dari nilai IPK rata2 dan lama studi rata2. Monitorin dan evaluasi dilakukan setiap akhir tahuan bersamaan dengan evaluai dan monitoring thesis. Hal ini dipertimbangkan karena “bottle neck nya ada pada proses tugas akhir berupa thesis.

 

Kriteria kelulusan 

1. Metode penilaian

Metoda penilaian untuk mata kuliah dan tugas akhir beruoa thesis mengikuti kriteria yang ada, baik dari universitas mauoun fakultas. Kriteria ini tertuang dalam Buku Panduan Akademik Pasca Sarjana Fakultas (2016-2017). Setelah terpenuhi syarat-2 untuk ujian thesis secara tertutup dan dinyatakan lulus dalam sidang ujian tertutup.

2. Tingkat kualitas kelulusan

Tingkat kualitas kelulusan yang dinyatakan dengan tingkat prestasi akademik, yaitu lulus dengan pijian (cum laude), sangat memuaskan dan memuaskan.

 

Indikator kualitas dan standar (kapan diakreditasi dan nilaiannya)

Secara internal universitas dilakukan melalui audit AMI yang dikoordinasikan oleh Kantor Jaminan Mutu (KJM) Universitas.

Secara eksternal, evaluasi dilakukan dengan mengajukan akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) dan agensi ISO 9000. Pada tahuan 2014 Prodi S2 TEP telah mendapatkan akreditasi BAN-PT dengan nilai A. Pada tahun 2011, Prodi TEP S-2 sebagai bagian Prodi Master Fakultas Teknologi Pertaniuan UGM  telah mendapatkan akreditasi dan ISO 9000.

 

Panduan akademik 

Tersedia Buku Dokumen Akademik (2017-2018) penyelenggaraan program pasca sarjana yang diterbitkan oleh fakultas. Buku panduan ini selalu ditinjau dan direvisi setiap 5 tahun sekali terutama pada saat ada revisi kurikulum.