tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Penelitian
Image Proses untuk Penentuan Kadar Air Bawang
March 3, 2008
0

Dua peneliti dari JTEP mempresentasikan hasil penelitiannya pada Seminar Hasil Penelitian Jurusan Teknik Pertanian. Peneliti, Rudiati Evi Mashitoh, STP, M.Dev mempresentasikan penelitian tentang penggunaan image process untuk memprediksi kadar air dalam bawang merah dengan menggunakan jaringan saraf tiruan.  Sedangkan Ir. Wisnu Wardana, MS mempresentasikan hasil penelitian tentang kajian pola pembasahan tanah pasiran dengan sistem irigasi tetes.

 Image

Evi Mashitoh menyatakan bahwa  tekstur permukaan bawang merah berubah karena perubahan kadar air. Tujuan untuk melihat hubungan antara tekstur bawang merah dengan kadar air yang berubah selama proses pengeringan (curing). Teknik yang digunakan adalah pengolahan citra untuk analisis tekstur dan jaringan syaraf tiruan. Output berupa program yang dapat menentukan persentase kadar air dari citra bawang merah sebagai inputnya.

Pada saat yang sama, Wisnu Wardana mengemukakan berdasarkan pola pembasahan dengan irigasi tetes  maka dapat dilakukan rancangbangun irigasi tetes untuk tanah pasiran.  Jarak yang tepat antar emiter diperlukan untuk menjamin ketersediaan air untuk tanaman.

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.