tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
ZCD Srimartani
Pelatihan Pengelolaan Manajemen dan Operasional Alsintan – Perbengkelan
July 3, 2011
1

 Yogyakarta 1 Juli 2011. Jurusan Teknik Pertanian bersama dengan Baznas melalui program Pemberdayaan Masyarakat Srimartani, menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Manajemen dan Operasional Alat Mesin Pertanian – Perbengkelan. Pelatihan ini diselenggarakan sebagai salah salah satu bagian dari rangkaian kegiatan yang masuk dalam aktivitas program D dengan tema “Peningkatan Produktivitas Usaha Dan Ternak Melalui Pengembangan Usaha Tani Terpadu (Integrated Farming System )”. Menurut Dr. Bambang Purwantana, M.Agr, penanggung jawab Program D, program ini secara keseluruhan fokus pada peningkatan produktivitas pertanian dengan menerapkan penggunaan peralatan mekanis dan penggabungan teknologi pertanian-peternakan (integrated farming system).

Pembukaan Pelatihan Oleh. Dr. Ir. Lilik Soetiarso, M.Eng.

Pelatihan Pengelolaan Manajemen dan Operasional Alat Mesin Pertanian – Perbengkelan diaksanakan selama dua hari, Kamis- jumat, 30 – 1 Juli 2011 bertempat di Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Peserta merupakan warga masyarakat Srimartani sebanyak 20 orang dengan berbagai latar belakang sesuai dengan bidang yang dilatihkan pada pelatihan kali ini ( Manajemen Administrasi Pengelolaan Alsin-Perbengkelan, Operator Alsin dan Tenaga Perbengkelan).
 
 
 
Pelatihan dibuka secara resmi oleh Dr. Ir. Lilik Soetiarso, M.Eng selaku Penanggung Jawab Program Pemberdayaan Masyarakat Srimartani. Pada sambutannya Pak Lilik berharap agar pelatihan ini nantinya dapat memberikan bekal ilmu dan keterampilan dalam menggunakan peralatan dan mesin pertanian serta perbengkelan, sehingga dapat mendukung kemandirian desa dalam mencapai cita-cita desa mandiri energi. Turut hadir pula pada acara pembukaan pelatihan ini, Trainer dan Instruktur yang terdiri dari Dosen dan Teknisi Laboratorium Energi Mesin Pertanian yang selanjutnya diperkenalkan secara resmi.

Sesi operator oleh Ir. R.Handoyo,M.Eng.

Pelatihan hari pertama terdiri dari materi stadium general mengenai teori Pengelolaan Manajemen Alsin yang disampaikan oleh Ir. Sunarto Ciptohadijoyo, SU, Pak Narto memberikan pengantar mengenai bagaimana penerapan alsin dan operasionalnya dilapangan, beliau banyak memberikan pengalaman beliau dalam mendampingi Unit Persewaan Jasa Alsintan (UPJA) sebagai unit percontohan yang akan dibangun di Srimartani. Materi selanjutnya, peserta di bagi kedalam kelas spesifik bidang yang sudah di tentukan, dengan Trainer yang sesuai dengan Kompetensinya. Sesi Manajemen Administrasi di latih oleh Ir. P. Tamtomo, M.Eng dan Rudiati Evi Masithoh, M.Dev.Tech. Sesi Operator Alsin dilatih oleh Ir. R. Handoyo, M.Eng dan Sesi Perbengkelan dilatih oleh Ir. Widodo, MS.
Praktek Perbengkelan.
 
Pelatihan hari ke-dua berisi materi praktik dari teori yang sudah didapatkan pada hari pertama, Praktek dilaksanakan di Laboratorium Energi dan Mesin Pertanian menggunakan Sub.Lab Perbengkelan, Sub.Lab Daya Mesin dan Sub.Lab Pengujian Alsin. Praktik manajemen Administrasi bertempat di ruang Audiovisual dengan materi studi kasus perhitungan Analisis Ekomomi teknis serta pengelolaan pembukuan. Praktik Operasional alsin, dilakukan di halaman barat gedung FTP-UGM dengan materi dasar pengendalian hand tractor dan dipandu secara langsung oleh Ir. Sunarto Ciptohadijoyo, SU. Praktik Perbengkelan bertempat di Sub.Lab Perbengkelan dengan dipandu oleh Ir. Widodo, MS, peserta terlihat bersemangat dalam mempraktekkan penggunaan Las Listrik dan Las karbit dibantu oleh Instruktur dari teknisi lab.
Pelatihan ditutup secara resmi oleh Dr. Ir. Bambang Purwantana, M.Agr selaku penaggung jawab program D sekaligus memberikan penyerahan secara simbolis peralatan perbengkelan untuk unit yang akan dibangun di Srimartani. Pak Bambang berpesan bahwa pelatihan ini adalah awal dari rangkaian kegiatan pengembangan unit alsin di Srimartani, peran aktif masyarakat dan dukungan semua fihak diharapkan demi keberlanjutan program ini. Sebagai follow up dari pelatihan ini akan diselenggarakan selanjutnya Praktik Operasional Lapangan Pengendalian Peralatan dan Mesin Pengolah Tanah yang akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Juli 2011. Semoga pelatihan yang dilaksankan dapat memberikan ilmu dan keterampilan yang bermanfaat (andrew).

comments

Leave a Reply

1 comment

  1. Bolehkah saya diikutkan kalau nanti ada kegiatan yang sama? Bagaimana caranya???