tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
ZCD Srimartani
Praktek Pengendalian dan Operasional Alat Mesin Pertanian Pemberdayaan Masyarakat Srimartani
July 11, 2011
0

Yogyakarta. 9 Juli 2011. Jurusan Teknik Pertanian bersama dengan baznas menyelenggarakan praktek operasional pengendalian Alat mesin pertanian sebagai rangkaian dari Pelatihan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Pelaksanaan praktek operasional dilaksanakan di sawah milik warga menggunakan peralatan yang baru sekaligus pengarahan dari trainer yang ditunjuk dari Jurusan Teknik Pertanian melalui program pemberdayaan masyarakat.

Materi praktek yang pertama adalah pengendalian hand tractor menggunakan hand tractor berdaya 8,5HP, selain hand tractor yang diberikan melalui program pemberdayaan masyarakat, jurusan teknik pertanian melalui lab. Energy dan mesin pertania juga memperbantukan 2 unit hand tractor perkasa yang saat ini satu unit diujikan kinerjanya terlebih dahulu. Operator hand tractor dipandu oleh Trainer Ir. Sunarto Ciptohadijoyo,SU dan dibantu teknisi dalam penyetelan keseuaian dengan lahan opersional.

 Materi Pompa air diperagakan untuk menaikkan air dari parit yang berlokasi disisi samping lahan yang akan digunakan untuk praktek. Materi praktek dipandu oleh Ir. R. Handoyo,M.Eng dibantu oleh teknisi dan peserta praktek. Pompa air berdaya 5,5 HP dimanfaatkan untuk penyediaan air sebagai sarana irigasi kegitaan pertanian.
Materi Power Thresher dipraktekkan di lokasi panen dengan membawa power thresher baru ke lokasi, diajarkan bagaimana tata cara pengoperasian dan praktek penggunaan power thresher pada operator dengan harapan agar dapat mengoperasikan peralatan dengan benar.
Pelatihan diakhiri pada tengah hari oleh penanggung jawab program D, Dr. Ir. Bambang Purwantana, M.Agr dan selanjutnya sebagai tindak lanjut dari kegiatan program D ini, tim dari jurusan teknik pertanian akan rutin melakukan pendampingan teknis selama operasional peralatan pertanian.

comments