tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Special Lecture tentang IT-Agriculture oleh Dr. Lilik Soetiarso di Fakultas Pertanian, Kyushu University Jepang
April 6, 2013
0

Fukuoka. 4 April 2013. Dekan Fakultas Teknologi Pertanian sekaligus dosen di Jurusan Teknik Pertanian UGM, Dr. Lilik Soetiarso,  berkesempatan mengisi special lecture tentang IT-Agiculture di Faculty of Agriculture Kyushu University Jepang. Judul kuliah yang diangkat adalah “Research Roadmap: Application of Information Technology in Agricultural System”. Dihadiri oleh professor dan mahasiswa. Acara dibuka oleh Prof. Dr. Inoue, kepala laboratorium Bioproduction Engineering pada pukul 15:00 dengan memperkenalkan pemateri dan latar belakang pendidikan.

Kuliah berlangsung selama 60 menit, persentasi meliputi profil Fakultas Teknologi Pertanian UGM serta penelitian-penelitian yang sedang berjalan. Pengenalan departemen mulai dari departemen agricultural Engineering, Food Technology and Agro-Industrial Technology.

pak_lilik_fukuoka
Special Lecture oleh Dr. Lilik Soetiarso

Masuk pada materi penelitian mengenai IT-Agriculture, Dr. Lilik menjelaskan mengenai roadmap penelitian mulai dari era 90 an sampai dengan saat ini. Desain dan implementasi Information system di lahan pantai menjadi salah satu, peneltian awal penerapan IT dibidang pertanian untuk mendukung pengelolaan aset sistem pertanian. Bidang lain yang juga di jelaskan antaralain Knowledge management system di irigasi Jawa Timur , Intelligent Control untuk budidaya ulat sutra, penerapan machine vision untuk monitoring pertumbuhan tanaman serta aplikasi wireless sensor network untuk monitoring gradient hydraulic.

barbecue_kyushu
Suasana barbecue di Taman Hakozaki

Setelah kuliah umum selesai, acara dilanjutkan dengan dinner dengan format barbecue Hanami di taman sakura Hakozaki, diskusi berlanjut mengenai penelitian dan ide pengembandan pendidikan tinggi. Kunjungan Dr. Lilik Soetiarso ke Kyushu University kali ini juga sekaligus sebagai inisiasi kerjasama antara Fakultas Teknologi Pertanian UGM dan Faculty of Agriculture Kyushu University.

comments