[:id]Kerjasama Pertukaran Dosen dengan BOKU Austria[:en]Staff Mobility to BOKU Austria [:]

[:id]Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) UGM senantiasa berusaha meningkatkan kapasitas dosen dalam penelitian dan pengajaran melalui peningkatan kerjasama dengan universitas di luar negeri. Salah satu bentuk peningkatan kualitas dosen adalah pertukaran dosen (staff mobility) dengan University of Natural Resources and Life Sciences (BOKU) Vienna, Austria. Staff pengajar yang datang ke DTPB UGM adalah Prof. Axel Mentler dan Dr. Katherine Keiblinger sedangkan staf pengajar yang mengunjungi BOKU adalah Dr. Murtiningrum dan Rizki Maftukhah, M.Sc. Program pertukaran dosen dilakukan dengan dukungan dana dari Erasmus+ dan ASEA Uninet dengan skema staf mobility.

Rizki Maftukhah, M.Sc. melakukan pengamatan pori tanah dengan mikroskop
Dr. Murtiningrum dan Rizki Maftukhah, M.Sc. berfoto bersama dengan peneliti BOKU Austria

Aktivitas yang dilakukan dalam pertukaran dosen meliputi penelitian dan pengajaran. Topik penelitian yang dilakukan adalah pengaruh manajemen lahan sawah pada stabilitas agregat tanah dan siklus nutrisi dalam tanah. Kegiatan pengajaran terdiri dari kuliah tamu, praktikum, dan kunjungan lapangan. Disamping itu, turut dijajagi kerjasama yang lebih luas untuk penelitian dengan topik lebih diperluas, kerjasama dengan lembaga lain di Austria, kesempatan untuk menempuh pendidikan S3 bagi dosen DTPB, serta kemungkinan pertukaran mahasiswa untuk sebagian SKS di universitas partner.

Kontributor: Dr. Murtiningrum, M.Eng.[:en]Department of Agricultural and Biosystem Engineering (Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, DTPB) UGM continuously enhance the capacity of teaching staffs in teaching and research through collaboration with foreign universities. One activity of staff capacity improvement is staff mobility with University of Natural Resources and Life Sciences (BOKU) Vienna, Austria. Incoming teaching staffs from BOKU to UGM were Professor Axel Mentler and Dr. Katherine Keiblinger while outgoing teaching staffs from UGM to BOKU were Dr. Murtiningrum dan Rizki Maftukhah, M.Sc. The activity was supported by Erasmus+ and ASEA Uninet under staff mobility scheme.

Rizki Maftukhah, M.Sc. doing an observation about soil porous using a microscope

 

Dr. Murtiningrum and Rizki Maftukhah, M.Sc. with researcher of BOKU Austria

Programs during staff mobility consisted of research and teaching. Research topics are impacts of land and water management on soil aggregate stability and nutrition cycle in the rice field. Teaching activities were guest lecture, laboratory practices, and excursion. In addition, it was also discussed the possibilities on broader research themes, collaboration with other institution in Austria, doctoral studies for UGM staffs, and credit earning schemes for master students.

Contributor: Dr. Murtiningrum, M.Eng.[:]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.