tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Inisiasi Kerjasama Penelitian Internasional dengan Kyushu Unversity Jepang
October 26, 2017
0
Yogyakarta, Selasa, 24 Oktober 2017. Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Univesitas Gadjah Mada mendapatkan kesempatan untuk mengundang Associate Prof. Takashi Okayasu, Ph.D dari Kyushu University, Jepang untuk memberikan kuliah umum untuk program studi S1 Teknik Pertanian dan Pascasarjana Teknik Pertanian. Kunjugan Prof. Okayasu ke Yogyakarta juga merupakan rangkaian inisiasi kerjasama penelitian internasional antara Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM dengan Department of Agro-environmental Sciences Kyushu University Jepang.
Sharing penelitian oleh dosen DTPB UGM
Pertemuan dimulai pada pukul 09:00 WIB, bertempat di ruang sidang departemen, diawali dengan presentasi dan sharing penelitian oleh staf departemen. Dr. Chandra Setyawan menjelaskan aktifitas penelitiannya mengenai watershed management, dilanjutkan oleh Dr. Rudiati Evi Masithoh yang menyampaikan materi penelitian tentang non-destructive evaluation. Berikutnya ada Dr. Radi yang mengenalkan Electronic-Nose, sistem hidung elektronik yang digunakan untuk penilaian aroma kopi. Selanjutnya, Dr. Andri Prima Nugroho, menyamapikan penelitian yang dikerjalan terkait dengan Smart Agriculture yang juga sebelumnya merupakan murid dari Prof. Okayasu. Dari kegiatan sharing penelitian ini, diharapkan dua belah pihak mendapatkan gambaran kegiatan yang dapat dikerjakan bersama dan dirumuskan pada pertemuan resmi dengan departemen pada sesi selanjutnya.
Diskusi mengenaik bentuk kerjasama penelitian dan pendidikan
Pertemuan dengan staf departemen dilaksanakan mulai jam 13:00 WIB, dibuka dan dipimpin oleh Prof. Lilik Soetiarso. Prof. Lilik mengenalkan profil departmen juga kerjasama-kerjasama penelitian internasional yang sudah dikerjakan serta on-going project. Dilanjutkan dengan presentasi dari Prof. Okayasu yang mengenalkan departemen, laboratorium, dan juga minat riset yang dikerjakan saat ini. Melalui sharing dan diskusi ini, diharapkan akan disepakati aktivitas penelitian yang dapat dikerjakan bersama.Kegiatan penelitian berupa knowledge sharing serta pertukaran mahasiswa menjadi topik yang akan ditindak lanjuti. Melalui kegiatan ini, diharapkan nantinya akan terjalin hubungan baik antara dua institusi, menjalankan penelitian bersama yang dapat memberikan keuntungan untuk kedua belah fihak.
Kontributor: Andri Prima Nugroho, Ph.D

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.