tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Guru Besar Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem menjadi Narasumber Sarasehan Gerakan Irigasi Bersih di Sleman
December 19, 2017
0

Prof. Dr. Sigit Supadmo, Guru Besar Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian, menjadi salah satu narasumber dalam saresehan Gerakan Irigasi Bersih (GIB) yang digelar Senin 18 Desember 2017 di Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman. Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PU PKP) Kabupaten Sleman menyelenggarakan sarasehan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga kualitas air irigasi. Sarasehan merupakan kelanjutan dari kerjabakti pembersihan jaringan irigasi yang merupakan satu rangkaian acara Gerakan Irigasi Bersih yang menggunakan motto boyong tirta kautaman.

Acara Sarasehan GIB diikuti oleh perwakilan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dari Kabupaten Sleman juga petugas lapangan pengelola irigasi.  Tiga orang yang menjadi narasumber pada sarasehan GIB adalah Prof. Dr. Sigit Supadmo, Ir. Bayudono, M.Sc, Ir. Tri Budi Utama, MT dengan moderator Ir. Sungkana, ST., M.Eng. Sekretaris Dinas PU PKP.

Narasumber Sarasehan GIB

Dalam pemaparannya Prof. Sigit menyatakan untuk memperhatikan kualitas disamping kuantitas air. Pencemaran sungai dan irigasi oleh sampah timbul karena pertambahan jumlah penduduk yang memerlukan lahan tempat tinggal. Selanjutnya, pengembangan perumahan tanpa disertai dengan pengelolaan sampah yang memadai menyebabkan sampah di buang ke badan air. Prof. Sigit mengusulkan agar ijin pengembangan perumahan harus disertai dengan peresapan air dan pengelolaan sampah. Di sisi lain Prof. Sigit mengingatkan pentingnya kerjasama hulu-hilir dalam pengelolaan sumberdaya air.

Ir. Bayudono, M.Sc salah satu penggagas GIB yang juga alumni DTPB menjelaskan bahwa kata “gerakan” pada GIB bermakna tumbuh dari masyarakat. Diharapkan nantinya GIB akan menjadi budaya, kebersihan menjadi bagian kehidupan yang berjalan otomatis.

Gotong royong petani Sleman membersihkan jaringan irigasi

Kontributor: Murtiningrum, Adi Muritno

Foto: Adi Muritno (Dinas PU PKP Sleman)

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.