tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Peningkatan Kompetensi Pemetaan Tanah Detil untuk Teknisi Laboratorium
February 1, 2018
0

Produksi biomassa melalui proses fotosintesis erat kaitannya dengan tanah, yakni sebagai tempat berjangkarnya akar tanaman untuk mengambil air dan nutrisi/hara. Tanah bersifat spesifik untuk setiap wilayah baik sifat fisik, kimia, ataupun sifat mekaniknya. Sifat-sifat tanah tersebut sangat menentukan jenis tanaman, cara pengolahan tanah, desain konservasi tanah dan air, desain bangunan irigasi dan bangunan pertanian lainnya.

Pak Sanyoto dan Pak Eka mengamati sample tanah

Laboratorium Teknik Sumberdaya Lahan dan Air (TSLA) Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) FTP UGM menyadari akan pentingnya sumberdaya tanah, sehingga mengembangkan penelitian terkait sifat fisik dan mekanik tanah. Penelitian pada bidang tersebut didukung oleh Sub Lab. Tanah berkolaborasi dengan Sub Lab. Sistem Informasi TSLA. Guna meningkatkan kompetensi pemetaan tanah detil, maka DTPB mengirimkan Teknisi tanah (Sanyoto) dan teknisi Sistem Informasi (Eka Febuana Indra) mengikuti pelatihan Pemetaan Tanah Detil selama 5 hari (29 Februari s.d 2 Maret 2018). Pelatihan diselenggarakan oleh Departemen Geografi Lingkungan Fak. Geografi UGM bekerjasama dengan Departemen Ilmu Tanah Fak. Pertanian UGM serta Lab. TRANSBULENT.
Materi pelatihan mencakup konsep pemetaan bentang lahan dan tanah serta pengamatan morfologi dan monolith. Sesi lapangan dilaksanakan selama 3 hari mencakup kegiatan pengamatan profil tanah, pengukuran parameter tanah, dan pengambilan data koordinat. Pelatihan diakhiri dengan simulasi perencanaan proyek survey tanah.

Peserta pelatihan Pemetaan Tanah Detil

 

Kontributor: Ngadisih

Foto: Eka dan Sanyoto

comments