tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Peningkatan Kompetensi Teknisi Melalui Pelatihan Desain dan Manufaktur Peralatan
February 3, 2018
0

Yogyakarta, 2 Februari 2018. Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universtias Gadjah Mada senantiasa meningkatkan standar pelayanan yang didukung oleh kompetensi yang mendasarinya. Salah satu aspek penting dalam rekayasa mesin dan peralatan pertanian adalah desain dan manufaktur. Oleh karena itu, Laboratorium Energi Mesin Pertanian (EMP) yang mendapatkan mandat kebidangan ini mengirimkan tiga Teknisinya untuk mengikuti Pelatihan Desain dan Manufaktur Peralatan yang diselenggakan mulai tanggal 2 – 9 Januari 2018. Pelatihan diselenggarakan di Departemen Teknik Mesin dan Industri , Fakultas Teknik UGM.

Teknisi yang mengikuti pelatihan ini adalah Bp. Heryanto dari sub-lab Daya dan Mesin Pertanian, Bp. Marheriyanto dari sub-lab Perbengkelan, dan Ibu Suryatmi dari sub-lab elektronika dan insrtumentasi.

Praktek desain dengan solidwork untuk perancangan alat

Materi yang disampaikan mulai dari  Pengantar Desain dan Manufaktur peralatan, Dasar-dasar desain, Desain peralatan, Desain manufaktur dan Assembly, Faktor Manusia dan Peralatan, serta pengenalan peralatan Desain Modern dengan metode Rapid Prototyping.

Teknisi juga diberikan kesempatan untuk mempraktekkan kemampuan yang telah diperoleh dan diwujudkan dalam blueprint dengan menggunakan Software Inventor dan Soildwork, selanjutnya diwujudkan menjadi objek riil dengan 3D printer.

Harapannya dengan adanya pelatihan ini akan lebih meningkatkan kompetensi Teknisi dalam hal Desain dan manufaktur guna mendukung mandat laboratorium dalam pengembangan teknik pertanian di Indonesia.

 

Kontributor: Andri Prima Nugroho, Ph.D.
Foto: Suryatmi

comments