tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Pertukaran Mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Tahun 2017/2018 ke Yamagata University
February 5, 2018
0

Pada tahun akademik 2017/2018 ini, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) UGM kembali mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Yamagata University, Jepang. Keempat mahasiswa DTPB yang sedang mengikuti program tersebut yaitu Amir Syarifudin (Amir), Mila F. Desintamaya (Mila), Lumer S. Daeli (Lulu), dan Shinta D. Afriani (Shinta). Mereka menjalani program tersebut sejak bulan September 2017 hingga Agustus 2018 nanti. Pertukaran mahasiswa merupakan bagian dari JASSO Student Exchange Support Program merupakan program tahunan yang dapat diikuti oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Kehutanan, dan Fakultas Pertanian.

Peserta pertukaran mahasiswa bersama Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Yamagata Jepang

Di program ini terdapat 9 supervisor/sensei yang mempunyai kebidangan berbeda-beda dan menerima mahasiswa sesuai dengan peminatan mereka masing-masing. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa TPB berikut ini, Amir melakukan penelitian berjudul Effect of Onsen Water Induced Salt Stress on the Quality and Quantity of Tomato Fruits yang dilakukan di Vegetable and Horticulture Science Laboratory. Sementara itu, Mila melakukan penelitian tentang Dried Persimmon di Post Harvest Laboratory.

Amir Syarifudin
Mila F. Desintamaya

Shinta melakukan penelitian berjudul Dynamics of Antibiotic Resistance Bacteria in Sewage Treating Process, sementara Lulu mempunyai penelitian berjudul Contamination of Heavy Metals in Vegetables, Wastewater, and Soil in Developing Country, Hue City, Vietnam. Shinta dan Lulu berada di Water and Soil Laboratory.

 

Lumer S. Daeli
Shinta D. Afriani

Menurut Lulu dan Shinta, mengikuti program pertukaran mahasiswa merupakan suatu kesempatan yang luar biasa karena mereka dapat memperoleh banyak pengalaman baru dan teman-teman dari berbagai negara. Sedangkan menurut Amir, mengikuti exchange program di Jepang dapat meningkatkan kedisiplinan dan dedikasi terhadap proses belajar. Mila dan kawan-kawan berpesan untuk memanfaatkan kesempatan yang ada dan jangan pernah takut untuk mencoba, serta jangan lupa untuk selalu bersyukur dan berdoa.

Jadi bagaimana teman-teman di DTPB, sudah siap mengikuti jejak mereka untuk mengeksplor dunia?

 

Kontributor: Agnes Hoki

Foto: koleksi pribadi

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.