Kuliah Tamu oleh Dr. Andri Prima Nugroho di Kyushu University Mengenai Aplikasi Smart Agriculture pada Pertanian Tropis

Fukuoka. 7 Februari 2018. Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Dr. Andri Prima Nugroho, mendapatkan kesempatan untuk mengisi kuliah tamu dengan tema Aplikasi Smart Agriculture pada Pertanian Tropis di Graduate School of Bioresource and Bioenvironmental Sciences, Kyushu University. Kuliah tamu diselenggarakan pada tanggal 7 Februari 2018 di ruang 205a Gedung 4 Fakultas Pertanian, Kampus Hakozaki. Perkuliahan dihadiri oleh mahasiswa asing dan juga mahasiswa Jepang yang mengambil topik Smart Agriculture yang diampu oleh Prof. Takashi Okayasu dari Laboratorium Agricultural Machinery and Production Systems Design, Division of Agroenvironmental Sciences.

Kuliah Tamu di Kyushu University

Materi perkuliahan yang disampaikan Dr. Andri Prima Nugroho terkait dengan implementasi pertanian modern berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pengenalan penggunaan Teknologi Cloud untuk monitoring kondisi lingkungan secara real-time, berikut dengan analisis klimat dan estimasi evapotranspirasi untuk pengelolaan sistem pertanian tropis yang presisi. Selain itu, dikenalkan juga aplikasi monitoring pergerakan tanaman dengan berbagai variasi perlakuan guna melihat respon tanaman berupa dinamika pergerakannya terhadap perubahan lingkungan.

Dr. Andri Prima Nugroho dan Prof. Takashi Okayasu

Kedatangan Dr. Andri ke Kyushu untuk memenuhi undangan dari Prof. Takashi Okayasu, yang sebelumnya adalah pembimbing dalam program doktoralnya. Selain mengisi kuliah tamu, dibahas juga rencana kerjasama dalam bidang Smart Agriculture antara Divisi Agro-environmental Sciences, Kyushu University dengan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM. Beberapa kegiatan penelitian bersama dan pertukaran siswa direncanakan untuk bisa dilaksanakan dalam waktu dekat.

Kontributor: Andri Prima Nugroho

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.