tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Pelatihan Introduksi Solidworks dan Printer 3D
February 23, 2018
0

Pelatihan Introduksi Solidwork dan Printer 3D untuk Mendukung Kegiatan Desain Mesin dan Peralatan di DTPB, FTP-UGM.

 

Mampu merancangbangun, mengkonstruksi dan mengelola sumberdaya alam pertanian, peralatan dan proses dalam biosistem, termasuk merancang sebuah alat dan mesin pertanian merupakan salah satu dari lima kompetensi utama bagi lulusan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB), Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Untuk mencapai sasaran pembelajaran tersebut, pada tahun 2017, DTPB melengkapi sarana dan prasarana desain berupa printer tiga dimensi (Printer 3D) yang sangat diperlukan untuk merealisasikan produk rancangan menjadi sebuah prototype awal. Dengan prototype tersebut, sejumlah parameter kinerja hasil rancangan dapat diketahui secara dini, sehingga perancang dapat memperbaiki hasil rancangannya sebelum dilanjutkan pada tahap pabrikasi.

Foto bersama peserta dan pelatih

Untuk meningkatkan kemampuan penggunaan alat tersebut, DTPB melakukan pelatihan desain untuk civitas akademika. Pelatihan dengan judul “Introduksi Solidwork dan Printer 3d untuk Mendukung Kegiatan Desain Mesin dan Peralatan” bertujuan untuk meningkatkan kemampuan desain bagi Dosen, Teknisi, dan Co-as terutama yang berkaitan dengan aplikasi Solidworks sebagai sarana untuk menyajikan rancangan alat dan mesin dalam bentuk gambar teknik dan printer 3D sebagai sarana untuk merealisasikan rancangan tersebut menjadi sebuah prototype. Pelatihan dilakukan selama 2 hari, 8-9 Februari 2018, bertempat di SubLab. Gambar Teknik dan Pemetaan, DTPB, FTP-UGM.

Suasana Pelatihan

Pelatihan hari pertama difokuskan pada pengenalan software SolidWorks yang merupakan perangkat lunak CAD (Computer Aided Design) yang terkini. Pelatihan dimulai dengan pengenalan user interface program SolidWorks, dilanjutkan dengan pelatihan menggambar teknik (Part, Asembly, & Drawing). Pada sesi ini, pelatihan diberikan oleh Ardi Wiranata, S.T., M.Eng., Dosen Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, UGM. Materi disampaikan secara runtut disertai dengan latihan membuat komponen (part) secara langsung dengan memanfaatkan perintah-perintah dasar seperti line, extrude dan rotate, serta pengunaan fasilitas smart dimension, membuat peserta dapat memahami materi dengan mudah. Setelah semua peserta mampu membuat part dengan baik, pelatihan kemudian dilanjutkan dengan tahap perakitan (assembly). Setiap peserta pelatihan diajak untuk merakit komponen-komponen yang telah dibuat sebelumnya menjadi sebuah produk rakitan. Peserta juga dilatih tombol view untuk melihat produk hasil rakitan dari berbagai sudut pandang (tampak depan, tampak samping, tampak atas, dan tampak perspektif). Pada bagian akhir, peserta dilatih untuk menyajikan gambar hasil rakitan tersebut menjadi gambar dua dimensi (drawing) dengan berbagai model penyajian sekaligus dilengkapi dengan dimensinya.

Suasana Pelatihan

Kontributor: Radi

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.