tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Kisah Segenggam Tanah Dari Bangka di Austria
April 23, 2018
0

Austria dengan ibu kota Vienna memiliki beberapa universitas, diantaranya sangat terkenal yaitu Universität Für Bodenkultur Wien atau BOKU. Dalam bahasa Inggris, dikenal sebagai University of Natural Resources and Life Sciences, Vienna. BOKU didirikan pada jaman Kekaisaran Vienna pada tahun 1872.

Bu Ngadisih di Kampus BOKU

BOKU bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Pertanian UGM dalam penerapan pendidikan dan penelitian. Dua orang dosen Teknik Pertanian dan Biosistem (TPB) yaitu Dr. Ngadisih, M.Sc dan Rizki Maftukhah, M.Sc berkesempatan mengunjungi negeri Austria 3 minggu yaitu tanggal 2 – 21 April 2018. Tujuan dari kunjungan ini adalah peningkatan pengetahuan dan ketrampilan analisis tanah sebagai dasar untuk melakukan rekayasa pertanian.

Kegiatan utama Dr. Ngadisih, M.Sc dan Rizki Maftukhah, M.Sc adalah analisis sampel tanah bekas lahan tambang timah di Bangka. Hasil dari analisa tanah akan digunakan sebagai informasi dasar untuk penelitian lanjut mengenai teknologi pengembangan lahan pertanian padi di lahan bekas tambang. Sifat fisik dan kimia tanah dianalisa di laboratorium di BOKU dengan menggunakan standar Eropa tetapi dengan tetap memperhatikan karakter tanah tropis. Sebuah terobosan TPB dalam rekayasa fisik lingkungan ex-mining area untuk ketahanan pangan di Bangka. ……wow….hebat khan TPB….. #proudtobeanagricultureengineer ….

 

Analisis tanah
Analisis tanah

 

Kontributor: Ngadisih

Foto: Rizki Maftukhah

Editor: Murtiningrum

 

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.