tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Kegiatan Monitoring Mahasiswa Kerja Praktik di Puslitkoka Jember
July 19, 2018
0

Jember, 16 Juli 2018. Kerja praktik merupakan kegiatan yang harus ditempuh mahasiswa yang bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa terhadap bidang profesi yang diminati dan juga menjadi tempat mahasiswa mempraktikkan ilmu-ilmu yang sudah dipelajari di kampus. Agar kegiatan kerja praktik mahasiswa berjalan lancar dan terjalin hubungan baik antara kampus dan instansi yang menjadi lokasi kerja praktik, maka Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem melaksanakan kegiatan monitoring dan pendampingan mahasiswa kerja praktik. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mengunjungi beberapa instansi yang menjadi lokasi kerja praktik, salah satunya di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (puslitkoka) Jember.

Diskusi dengan Tim Peneliti di Puslitkoka

Dua orang dosen dari DTPB yaitu Arifin Dwi Saputro, PhD dan Sri Markumningsih, M.Sc mengunjungi puslitkoka pada hari Senin, 16 Juli 2018. Tim dari UGM diterima oleh Dr. Sukrisno Widyotomo, STP. M.Sc., kemudian dilakukan diskusi dengan beberapa peneliti dari Puslitkoka. Diskusi diisi dengan pemaparan profil DTPB dan peluang kerjasama penelitian yang bisa dilakukan. Diskusi berikutnya adalah dengan pendamping kerja praktik dari puslitkoka yaitu Teguh Iman Santoso, SP., M.Sc. mengenai pelaksanaan kerja praktik. Pada periode ini ada 3 mahasiswa dari TPB yang sedang kerja praktik di Puslitkoka yaitu Anisa Nur Khasanah, Gina Isna Nafisa dan Hasnan Habib. Selain mengikuti kegiatan rutin di Puslitkoka, mereka juga mengerjakan tugas khusus yaitu tentang penaung, rorak dan fermentor Kakao.

Pada kesempatan ini juga diserahkan form penilaian kerja praktik dari Departemen yang harus diisi oleh pendamping kerja praktik di lokasi. Setelah kegiatan diskusi selesai, tim dari UGM diajak berkeliling melihat fasilitas yang dimiliki oleh puslitkoka, yaitu kebun kopi dan kakao,  unit pengolahan atau pabrik kopi dan kakao, serta outlet untuk menjual produk-produk olahan kopi dan kakao. Semoga kedepannya terus terjalin kerjasama antara DTPB dan Puslitoka jember baik dalam bidang pendidikan (sebagai lokasi kerja praktik) dan penelitian.

Kontributor: Sri Markumningsih, M.Sc.

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.