tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Monitoring Kerja Praktik Mahasiswa DTPB di PG Bunga Mayang dan PT GGF Lampung
July 30, 2018
0

Kerja praktik merupakan salah satu mata kuliah wajib di Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB), Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Kerja Praktik memiliki peran penting bagi mahasiswa DTPB terutama sebagai wahana untuk melihat dan mempelajari secara langsung proses-proses dalam industri pertanian, mengkaitkan proses tersebut dengan bidang ilmu yang telah dipelajari di kampus, serta menganalisis proses tersebut berdasar bidang ilmu yang telah dimiliki mahasiswa. Untuk melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan Kerja Praktik mahasiswa dan sebagai bentuk penghargaan terhadap mitra tempat Kerja Praktik, DTPB melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi kerja praktik khususnya di PG. Bunga Mayang Lampung Utara dan PT. Great Giant Food (GGF), Lampung Timur.
Kegiatan monitoring dan evaluasi kerja praktik di PG. Bunga Mayang dan PT. GGF dilaksanakan pada tanggal 17 – 19 Juli 2018. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim Dosen DTPB yang terdiri dari 2 orang, yaitu Dr. Sri Rahayoe, STP., M.P., dan Dr. Radi, STP., M.Eng. Kegiatan monitoring dan evaluasi kerja praktek dimulai dari PG. Bunga Mayang, yang diterima oleh Bapak Joko Santoso (Asisten Irigasi, Mekanisasi Pool Peltek Rayon 1) yang sekaligus sebagai pembimbing lapangan bagi mahasiswa peserta kerja praktik dari DTPB. Dalam kegiatan ini, tim Dosen diterima oleh PG. Bunga Mayang di kantor Rayon 1.

Foto bersama sesuai pelaksaan monitoring dan evaluasi kerja praktek di PG Bunga Mayang

Kegiatan monitoring dan evaluasi kerja praktik dimulai dengan penjelasan maksud dan tujuan kegiatan kepada pihak PG. Bunga Mayang, yang dilanjutkan dengan diskusi terkait dengan pelaksanaan kerja praktek mahasiswa yang sedang berlangsung. Pihak PG, yang diwakili oleh Bapak Joko Santoso memberikan penjelasan terkait kegiatan yang telah dilakukan oleh semua peserta kerja praktik sejak pertama masuk hingga kegiatan monitoring dan evaluasi dilakukan. Semua mahasiswa peserta kerja praktek dari DTPB yang terdiri dari 4 mahasiswa (Brata Pradipta Bairawa, Abipraya Wibawa Jati, Leonardus Erdinata, dan Indrawan Adi Hardjono) turut hadir dalam pertemuan tersebut. Selain seputar pelaksanaan kerja praktek, dalam pertemuan tersebut juga didiskusikan tentang tema-tema yang relevan untuk pelaksanaan kerja praktek dimasa mendatang. Setelah diskusi selesai, kegiatan diakhiri dengan pemberian cindera mata dari DTPB kepada pihak PG. Bunga Mayang sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terimakasih.

Pelaksanaan monitoring Kerja Praktik di PG Bunga Mayang

 

Penyerahan Cinderamata dari DTPB UGM kepada PG Bunga Mayang

Setelah menyelesaikan kegiatan monitoring dan evaluasi kerja praktik di PG. Bunga Mayang, Tim dosen DTPB melanjutkan perjalanan untuk kegiatan yang sama di PT. GGF. Kunjungan ini diterima di kantor pusat PT. GGF Lampung Tengah oleh Ir. Purwanto selaku wakil dari perusahaan. Setelah berdiskusi seputar pelaksanaan kerja praktek, tim Dosen DTPB diajak untuk melihat kegiatan mahasiswa kerja praktek secara langsung, yang kebetulan ditempatkan di PT. Nusantara Tropical Farm (NTF) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT. GGF yang terletak di Lampung Timur. Pertemuan dengan mahasiswa DTPB yang terdiri dari 4 mahasiswa (Intan Vicky Maharani, Yovie Risandy Kaito, Dewa Ngakan Mahadikara, Nadia Umi Hanifah) dilaksanakan di Kantor Nanas, PT. NTF dilanjutkan dengan pertemuan di kantor pusat PT. NTF. Melalui diskusi, Tim Dosen mendapatkan sejumlah informasi terkait kegiatan yang sudah dilakukan oleh mahasiswa peserta kerja praktik dan rencana kegiatan selanjutnya. Beberapa hal yang diperoleh mahasiswa selama kerja praktik tersebut antara lain kegiatan mekanisasi pada budidaya tanaman nanas, yang meliputi mekanisasi pada tahap penyiapan lahan, mekanisasi pada tahap pemeliharaan tanaman, dan mekanisasi pada tahap pemanenan. Saat kegiatan monitoring berlangsung, mahasiswa peserta kerja praktik sedang mempelajari mekanisasi untuk kegiatan irigasi nanas.

Seperti halnya kegiatan monitoring dan evaluasi sebelumnya, kegiatan ini juga menggali sejumlah tema yang relevan untuk dijadikan tema mahasiswa yang akan kerja praktik pada periode mendatang. Sejumlah tema yang ditawarkan oleh perusahaan sebagai tema kerja praktek antara lain penyiapan lahan, budidaya tanaman, pemeliharaan termasuk irigasi, pemanenan, hingga pasca panen. Bagaimana membangun model irigasi yang efisien, Teknik menyeragamkan tingkat kematangan buah, hingga cara untuk memperpanjang umur simpan buah dapat menjadi topik kerja praktik yang menarik bagi mahasiswa DTPB di masa yang akan datang.

Penyerahan cenderamata dari DTPB kepada PT GGF

Kontributor: Radi

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.