tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Kunjungan Tenaga Kependidikan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM ke Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram
August 9, 2018
0

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melakukan kunjungan kerja ke Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat, hari Jumat (3/8/2018).

Kunjungan DTPB FTP UGM ke Universitas Mataram tersebut diketuai oleh Dosen Teknik Pertanian dan Biosistem Dr. Joko Nugroho, STP, M.Eng., dan beranggotakan 10 orang karyawan DTPB serta diterima langsung oleh Dekan FTPA Prof. Ir. Sri Widyastuti, M.App.Sc., Ph.D., Wakil Dekan I Ir. Zainuri, PGDip., M.App.Sc., Ph.D., Wakil Dekan II Baiq Rien Handayani, SP., M.Si., Ph.D., Wakil Dekan III Ir. Ahmad Alamsyah, M.P.

Kunjungan ke FTPA Universitas Mataram

Dalam kunjungan itu, melakukan tukar informasi dan pengetahuan mengenai fasilitas dan kegiatan yang dilaksanakan.
Dihadapan para peserta kunjungan, dekan FTPA Prof. Sri Widyastuti memaparkan bahwa sebagai bagian dari Unram, sejarah pendirian Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri bermula dari pembentukan Program Studi Teknologi Pertanian yang merupakan salah satu Program Studi (PS) di UNRAM yang didirikan pada tahun 1984.
“Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram didirikan berdasarkan persetujuan Dirjen Dikti Kemendikbud RI No : 144/E/C/2012 dan SK rektor UNRAM No : 1569/UN18/HK.00.12/2012. Saat ini terdiri dari 2 (dua) Program Studi yakni Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (PS ITP) Mikrobiologi Pangan dan Program Studi Teknik Pertanian (PS TEP),” paparnya. Dirinya juga menjelaskan tentang fasilitas yang mendukung untuk kegiatan pembelajaran mahasiswa di Fakultas, yang meliputi Laboratorium yang dilengkapi dengan alat Laboratorium yang lengkap, misalnya Texture Analyzer, Micro GC, Chroma Meter, Mosture Meter dll. “Selain itu hasil produk yang dihasilkan oleh FTPA ini cukup beragam, yaitu sawut singkong, mocaf, dendeng sapi, beras analog, Fluidized Bed Dryer, Green House dll,” ujarnya.
Sementara itu, Dr. Joko juga memberikan paparan mengenai fasilitas dan kegiatan yang dilaksanakan di DTPB. Yaitu meliputi kegiatan dari Laboratorium dan produk yang dihasilkan dari masing-masing Laboratorium. “Kunjungan ini adalah merupakan rangkaian untuk menjalin komunikasi yang intens antara UGM dengan Unram dan juga dapat saling menambah pengetahuan untuk peningkatan SDM dan dapat meningkatkan kegiatan di Fakultas, khususnya Departemen TPB,” katanya.

Setelah diskusi selesai, kegiatan diakhiri dengan pemberian cindera mata dari DTPB kepada pihak FTPA sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terimakasih.
Pada kunjungan itu, DTPB FTP UGM mengunjungi Lab Analis system dan Komputer, Lab Pengendalian Mutu, Lab Teknik Bioproses, Lab Kimia dan biokimia pangan, Lab Teknik dan konservasi Lingkungan Pertanian serta Lab Daya dan Mesin Pertanian.

Kontributor: Musyrifah Kurniawati

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.