tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Outbond untuk Peningkatan Kinerja Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem
October 19, 2018
0

Pada tanggal 12-13 Oktober 2018 para dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem berkesempatan melakukan kegiatan outbond yang bertempat di Tawangmangu, Karanganyar. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai sarana refreshing setelah menjalani padatnya kegiatan akademik selama setengah semester. Selain itu kegiatan ini juga berguna untuk mempererat tali persaudaraan antar dosen di DTPB, terutama setelah bergabungnya beberapa anggota baru. Hampir seluruh dosen antusias mengikuti kegiatan ini.

Suasana outbond

Rombongan bertolak dari kampus FTP pada tanggal 12 sore dengan mengendarai bus. Sekitar pukul 19.00 rombongan tiba di kawasan Tawangmangu. Rombongan singgah terlebih dahulu di Rumah Makan Bale Branti untuk melakukan santap makan malam bersama, dilanjutkan dengan acara gathering. Dipilihnya rumah makan ini dikarenakan memiliki konsep tata ruang yang unik, dengan mengangkat gaya arsitektur jawa tradisional, dilengkapi dengan menu-menu unik nan lezat yang menjadi daya tarik tersendiri. Pada acara ini para dosen bercengkrama dengan hangat, bersenda gurau, dan bernyanyi bersama diiringi dengan alunan live music. Selanjutnya rombongan menuju tempat peristirahatan, yaitu di Hotel Grand Bintang yang berlokasi tidak jauh dari Rumah Makan Bale Branti.

Suasana outbond

Acara inti outbond dimulai pada tanggal 13, pukul 08.00. Rombongan menuju lokasi outbond di Taman Bale Kambang, Bukit Sekipan. Acara ini dipandu oleh dua orang instruktur yang interaktif dan atraktif, yang membuat acara ini berjalan dengan seru dan menyenangkan. Outbond dimulai dengan senam bersama untuk pemanasan dan dilanjutkan dengan fun games, antara lain mirroring, bakso games, flying glass, teko buta, dll. Seluruh dosen dari berbagai usia yang berbeda berbaur bersama, saling akrab satu sama lain. Beberapa game dibagi menjadi kelompok-kelompok kemudian diberikan tugas untuk diselesaikan bersama, dan di akhir game diulas sedikit mengenai hikmah dari game yang telah dilakukan. Acara semakin menarik dengan adanya pembagian beberapa doorprize. Acara inti outbond berakhir pada pukul 11.00 dan ditutup dengan sesi foto-foto bersama.
Rombongan kembali menuju Hotel Grand Bintang untuk beristirahat sejenak sekaligus check out. Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bersama di Rumah Makan Bangun Trisno, selanjutnya menuju ke Taman Wisata Bukit Sekipan. Taman wisata ini menyajikan berbagai wahana menarin, di antaranya miniatur dunia, kampung hallowen, waterpark, dll yang setiap sudutnya sangat instagramable. Kegiatan di taman wisata ini berakhir pukul 14.00, kemudian dilanjutkan menuju pasar buah Tawangmangu.

Rombongan memulai perjalanan pulang ke Yogyakarta pada pukul 15.00. Dalam perjalanan sempat dua kali singgah, yaitu di pusat oleh-oleh Javanier Solo, dan Rumah Makan Dapur Solo Edupark untuk melakukan santap makan malam bersama. Rombongan tiba kembali di kampus FTP pada pukul 21.00 dengan sehat, selamat, dan tentunya bahagia. Dengan kegiatan ini diharapkan seluruh dosen kembali semangat menghadapi kegiatan akademik di kampus dan menularkan energi positif tersebut kepada mahasiswa serta lingkungan tempat berkarya.

Kontributor: Ansita Gupitakingkin Pradipta
Foto: Koleksi DTPB

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.