tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Pelatihan Good Post Harvest Practices pada Penangaanan Jagung di Grobogan
November 5, 2018
1

Tim Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fak. Teknologi Pertanian UGM  melaksanakan pelatihan Good Post Harvest Practices  untuk jagung di Desa Tegalsumur Kec Brati  dan Desa Penganten Kec. Klambu, Kab. Grobogan Propinsi Jawa Tengah pada tanggal 29 Oktober 2018. Tim yang dipimpin oleh Dr. Joko Nugroho WK, STP, MEng dari Lab. Teknik Pangan dan Pasca Panen dalam rangka melaksanakan program penerapan Teknologi Tepat Guna dari Kemenristek Dikti.

Pelatihan di Desa Panganten Kec. Klambu Kab. Grobogan Jawa Tengah

Kab. Grobogan Provinsi Jawa Tengah merupakan pemasok 20% produksi jagung di Indonesia. Tanaman ini dibudidayakan dilahan sawah maupun di lahan hutan milik Perum Perhutani yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat DesaHutan (LMDH)

Jumlah peserta adalah 70 warga di Desa Tegalsumur dan 50 warga di Desa Penganten. Pelatihan meliputi fisiologi pascapanen tanaman jagung yang dilakukan oleh Dr. Sri Rahayoe, dan potenis susut bobot /losses dalam pascapanen jagung yang dilakukan oleh Dr. Nursigit Bintoro. Dr. Joko Nugroho memberikan materi tentang mesin pemanen, perontok dan pengeringan pada pascapanen jagung. Sedangkan Prof. Dr Ir.  Bambang Purwantana , Magr. memberikan materi tentang potensi biomassa dari limbah jagung dan pemanfaatannya untuk energi.

Pelatihan Penggunaan Pemipil Jagung di Desa Tegalsumur Kec. Brati Kab. Grobogan Jawa Tengah

Pelatihan dilakukan dengan praktek penggunaan  corn sheller dengan  CS 1000, dengan kapasitas 1000 kg/jam, dan optimalisasi penggunanaanya untuk menekan losses.

Pelatihan Penggunaan Pemipil Jagung di Desa Tegalsumur Kec. Brati Kab. Grobogan Jawa Tengah

Kontributor: Dr. Joko Nugroho Wahyu Karyadi, M.Eng.

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment