tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
The Third National Student Seminar on Agricultural Technology 2018
November 13, 2018
0

Pada rangkaian acara Annual Regional Convention (ARC) dan Pekan Teknik Pertanian Nasional (PTPN) X, Perhimpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (PERMATETA) Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggaraka Seminar nasional untuk mahasiswa atau The Third National Student Seminar on Agricultural Technology 2018. Seminar ini mengambil tema “Agricultural and Biosystems Engineering towards Sustainable Development Goals in 2030”.

 

Seminar yang diadakan pada Hari Senin 12 November 2018 ini dimaksudkan sebagai wadah untuk bertukar gagasan untuk mecapai tujuan pembangunan 2030 yang telah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Seminar dibuka dengan serangkaian sambutan yaitu sambutatan yaitu dari ketua panitia, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, serta perwakilan dari Malaysian Society of Agricultural Engineers (MSAE). Sesi pleno diisi oleh tiga pembicara kunci yang mewakili masing-masing bidang teknik pertanian. Pembicara pertama adalah Dr. Ir. Desrial, M.Eng Ketua Perhimpunan Teknik Pertanian (PERTETA) yang juga dosen Institute Pertanian Bogor. Dr. Desrial menyampaikan tentang Current development in agricultural machinery in Indonesia. Pembicara kedua adalah Ir. Dr. Effendy Mohammad Ya’acob, yang mewakili MSAE, dengan tema Current development in drying technology for agricultural products in Malaysia. Pembicara ketiga adalah Dr. Ir. Endang Savitri, M.Sc sebagai peneliti pada Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Dr. Endang Savitri mengambil tema Conservation in Watershed in Indonesia.

 

Peserta seminar berjumlah kurang lebih 200 orang yang merupakan perwakilan dari seluruh Indonesia serta perwakilan dari Malaysia dan Philipina. Sesi technical paper diadakan setelah keynote speech. Technical paper dibagi menjadi tiga sub tema yaitu 3 judul makalah bertema Land and Water Engineering, 10 makalah bertema Energy and Machinery Engineering serta 4 judul makalah bertema Food Engineering.

 

Kontributor: Murtiningrum

Foto : Mukhoirotul Khomsah

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.