tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Partisipasi Dr. Andri Prima Nugroho dalam Inter-regional Workshop Sensor Technology and Agricultural Robots di Kasetsart University Thailand
November 18, 2018
0

Bangkok, 15 – 16 November 2018. Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Dr. Andri Prima Nugroho, mendapat kesempatan untuk mengikuti Inter-regional workshop yang diselenggarakan oleh Food Security Center (FSC), Kasetsart University, Thailand. Workshop yang berjudul “Sensor Technology and Agricultural Robots for Food Security in Changing Climates: Opportunity for Developing Countries” dihadiri oleh pakar dibidang Smart Agriculture dan Precision Agriculture dari Eropa, Afrika, dan Asia. Beberapa perwakilan diantaranya: Jerman, Mesir, Nigeria, Kenya, Ghana, Thailand, Philipine, Malaysia, dan Indonesia. Tujuan dari workshop ini adalah berbagi informasi dan gagasan mengenai teknologi sensor dan robotika serta penerapannya di berbagai negara, serta bagaimana strategi implementasinya dalam menghadapi perubahan iklim. Selain itu, pada pertemuan ini juga merintis penyusunan proposal kerjasama yang akan diajukan ke EU.

Dr. Andri Prima Nugroho (UGM) dan Dr. Yudi Chadirin (IPB) sebelum sesi presentasi

Pada kesempatan ini Dr. Andri Prima Nugroho bersama dengan Dr. Yudi Chadirin dari IPB mewakili Indonesia memaparkan ide mengenai “Appropriate Adaptation of Precision Agriculture Technology in Indonesia – Challenges and Opportunities Against the Climate Change”, review penerapan pertanian presisi di Indonesia dan juga usulan konsep penerapan adaptasi pertanian presisi untuk mengoptimalkan sistem pertanian konvensional dengan pendekatan konsep pengelolaan pengetahuan secara terpadu. Progres pertanian presisi selama lima tahun terakhir disajikan untuk melihat sejauh mana kesiapan teknologi serta adopsinya dalam penerapan di lapangan.

Penyerahan Cinderamata oleh Dr. Chanwit
Dinner Inter-regional Workshop

Hari kedua dilanjutkan dengan diskusi, diawali dengan brainstorming mengenai topik-topik yang menjadi interest anggota dipandu oleh Assoc. Prof. Dr. Wiboon Chongrattanameteekul dan Dr. Chanwit Kaewtapee, mulai dari climate smart agriculture, robotika, manajemen pengetahuan, sampai dengan aktivitas sosio-cultural. Hasil dari diskusi pada hari kedua ini adalah dibentuknya tim dengan pembagian kerja sesuai dengan topik yang sudah disepakati bersama. Lebih lanjut, dengan adanya pertemuan ini akan lebih membuka peluang kerjasama dengan peneliti-peneliti smart farming pada lingkup inter-regional [AN].

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.