tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Mahasiswa Teknik Pertanian UGM Juara 2 Karya Tulis ICBE di ITB
February 4, 2019
0

Mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada meraih juara ke dua dalam kegiatan paper competition
Integrated Bioengineering Competetion and Event (IBCE) ITB yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Rekayasa Hayati ITB.
Mochammad Idris Ramadana (TPB2015) dan Reza Hantoro Juniardi (TPB2015) yang mewakili DTPB di bawah bimbingan Dr. Joko Nugroho WK, STP MEng mengajukan judul SHIT FERTIGATION (Sustainable, Helpful, and the Incredible Technology Fertigation) : Inovasi Fertigasi yang Efesien dan Ramah Lingkungan Memanfaatkan Limbah Cair Rumah Tangga untuk Mencapai Kedaulatan Pangan dan Indonesia Mandiri dalam SDGs 2030.

Pemberian penghargaan pada juara karya tulis

Shit fertigation merupakan ide untuk memanfaatkan limbah cair rumah tangga menjadi bahan pupuk untuk tanaman pekarangan. Shit fertigation merupakan ide untuk teknologi substitusi air irigasi dan bahan pupuk bagi tanaman dengan pemanfaatan limbah cair rumah tangga dengan rangkaian bioreaktor anaerob dan aerob.

Reza dan Rama

Di babak penyisihan, tim ini telah menyingkirkan kompetitor lebih dari 170 karya ilmiah dari perguruan tinggi se Indonesia sehingga masuk babak final. Di babak final yang diselenggarakan tanggal 2-3 Februari 2019, tim ini berhasil menempati peringkat kedua dari 10 finalis yang mempresentasikan karyanya.

Desain reaktor sederhana untuk shit fertigation

Kontributor: Joko Nugroho

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.