tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) UGM Rintis Kerjasama dengan Departmen Biosistem KU Leuven, Belgia
February 19, 2019
0

Dr. Sri Rahayoe beserta tim dari Fakultas Teknologi Pertanian UGM melakukan kunjungan kerja ke Departemen Biosistem, Katholieke Universiteit Leuven (KU Leuven), Belgia pada hari Jum’at tanggal 1 Februari 2019. Turut hadir beserta Dr. Sri rahayoe adalah Prof. Eni Harmayani (Dekan Fakultas Teknologi Pertanian), Dr. Muh Nurcahyanto (Ketua Departemen TPHP) dan juga beberapa staff dosen FTP. Pada kunjungan ini, Dr. Sri Rahayoe yang merupakan ahli Teknik Pangan dan Pascapanen dari DTPB menjajaki kemungkinan kerjasama dengan departemen yang dipimpin oleh Prof. Bart Nicolai, khususnya pada bidang Teknik Pascapanen. Departemen Biosistem KU Leuven memiliki laboratorium Teknik Pascapanen yang merupakan salah satu laboratorium pascapanen terbaik di Eropa.

Penjajagan kerjasama diawali dengan pemaparan profil akademik dan riset dari kedua belah pihak. Selanjutnya, peluang-peluang kerjasama dan potensi-potensi sumber pendanaan untuk aktifitas kerjasama juga dibahas. Beberapa aktifitas yang menjadi fokus diskusi diantaranya adalah kemungkinan student dan staff exchange serta kolaborasi riset internasional. Acara diakhiri dengan kunjungan ke Laboratorium untuk melihat penelitian dan fasilitas yang ada di sana.

Selain kunjungan ke level departemen, kunjungan ke level fakultas dan Kantor Urusan Internasioanal juga dilakukan untuk memperkuat upaya inisiasi kerjasama. Pada kesempatan ini, diskusi-diskusi konkret tentang rencana aktifitas kolaborasi dilakukan. Selanjutnya, hasil diskusi tersebut akan dituangkan dalam nota kesepahaman.

 

Kontributor: Sri Rahayoe

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.