tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Panen Perdana Sayuran Hidroponik oleh Taruna Tani Desa Sriharjo Binaan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem
March 5, 2019
0

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan YESSA (Jepang) mengembangkan model manajemen pengetahuan (Knowledge management). Salah satu program adalah pengenalan pertanian modern dengan metode hidroponik. Program tersebut dilaksanakan di Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul.
Pada tanggal 5 Maret 2019 DTPB diadakan panen perdana sayuran hidroponik bersama warga Desa Sriharjo, Bantul. Panen tersebut dihadiri langsung oleh dosen TPB sekaligus pembimbing warga desa Sriharjo Prof. Sigit Supadmo. Selain itu panen juga dihadiri oleh Kepala Desa Sriharjio, Kepala Dukuh, perangkat desa dan juga warga Desa Sriharjo.

Bersama memanen sayur hidroponik

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk mewujudkan salah satu nilai Tridharma Perguruan Tinggi dalam hal ini pendidikan dan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian tersehut dibantu oleh 3 mahasiswa Teknik Pertanian. Metode transfer pengetahuan dilakukan dengan studi banding ke petani hidroponik yang telah berhasil, pemaparan, dan praktek bercocok tanam langsung. Peserta pelatihan adalah anggota taruna tani Desa Sriharjo. Belajar hingga praktek menanam sayuran hidroponik dari penyemaian sampai pemanenan dilakukan dengan antusias. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat Desa Sriharjo dapat mengikuti dan mengembangkan pertanian modern, sehingga masyarakat desapun bisa sukses dalam berbudaya pertanian modern.

Produk sayuran hidroponik tahap pertama

Kontributor: Ahmad Rifai

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.