tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Inisiasi Kerjasama dengan Kemenkop UKM untuk Pengembangan Aplikasi Big-data pada Bisnis Usaha Kopi
March 21, 2019
0

Yogyakarta, 20 Maret 2019. Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada menerima kunjungan dari Kementerian Koperasi dan UMKM, yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Kemitraan Usaha, Bp. Abdul Latif beserta tim diantaranya Reza Fabianus, M.Sc. Adapun tujuan dari pertemuan kali ini adalah untuk menginisiasi kerjasama terkait dengan pengembangan Big-Data untuk manajemen dan pengelolaan unit bisnis Kopi Kintanami binaan Kemenkop dan UKM.

Penjelasan dari Reza Fabianus, M.Sc. terkait Bisnis proses kopi

Prof. Bambang Purwantana selaku ketua Departemen menyambut baik ini inisiasi kerjasama ini, beliau membuka forum diskusi dengan terelebih dahulu mengenalkan profil departemen dan mengenalkan personel yang berkompeten dalam bidang Analisis Big-Data dan Pengemembangan Sistem: Dr. Andri Prima Nugroho, Dr. Rudiati Evi Masihoh, dan Dr. Murtiningrum. Pada kesempatan kali ini, didiskusikan juga potensi-potensi apa saja yang sekiranya dapat ditindak lanjuti untuk dikerjakan bersama-sama.

Sebagai inisiasi, akan disusun sebuah sistem informasi pemetaan potensi kopi, berikut dengan atribut pendukung fitur pencatatan pengelolaan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Harapannya embrio dari sistem ini dapat memberikan kemudahan dan nilai tambah pada bisnis usaha kopi nasional. Selain itu, pendekatan konsep industri 4.0 juga diharapkan dapat membantu kesejahteraan petani kopi dalam negeri.

Kontributor: AN

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.