tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Keikutsertaan Mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem dalam Program JENESYS 2019
April 2, 2019
0

Mahasiswsa S1 Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Anjar Firmansyah, berkesempatan menjadi salah satu delegasi Indonesia untuk mengikuti program pertukraran pelajar JENESYS 25th Batch Indonesia di Jepang tanggal 5 – 12 Maret 2019. JENESYS merupakan program yang diselenggarakan oleh pemerintah Jepang bekerjsama dengan pemerintah negara ASEAN untuk meningkatkan hubungan persahabatan. Selain diikuti oleh delegasi Indonesia, program JENESYS kali ini juga terdapat delegasi dari negara Brunei, Filipina dan Timor-Leste dan juga diselenggarakan di tiga lokasi di Jepang, yaitu Tokyo, Prefektur Nagano, dan Prefektur Fukui.

Anjar Firmansyah

Program JENESYS terdiri beragam kegiatan seperti kunjungan ke Shibaura Institut of Technology, keynote lecture, dan kunjungan ke Edo Tokyo Museum di Tokyo. Selain itu di Prefektur Nagano, delegasi Indonesia juga berkesempatan untuk melakukan home stay bersama keluarga angkat, bermain ski serta tour di Hakuba dan mempelajari budaya Jepang seperti membuat Oyaki dan mengenakan kimono.

Program pengenalan budaya Jepang
Wisata Ski bersama keluarga Jepang

Tujuan utama dari beragam kegiatan yang dilakukan delegasi adalah untuk mempelajari nilai-nilai kehidupan Jepang dan menerapkannya di negara asal masing-masing delegasi. Nilai-nilai yang dipelajari melalui program JENESYS, kemudian akan dijadikan dasar untuk melaksanakan kegiatan sosial di negara masing-masing. Berkat mengikuti program ini, delegasi mempelajari banyak hal terkait bagaimana negara Jepang dapat berkembang hingga menjadi negara maju seperti sekarang.

 

Kontributor: Anjar Firmansyah

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.