tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Kuliah Tamu Manajemen Energi Mesin Pertanian mengenai Pengelolaan Usaha Penyedia Jasa Alsintan (UPJA) untuk Mahasiswa Teknik Pertanian UGM
May 28, 2019
0

Yogyakarta, 28 Mei 2019. Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan kuliah tamu sebagai suplemen mata kuliah Manajemen Energi dan Mesin Pertanian. Topik yang diangkat adalah pengelolaan Usaha Penyedia Jasa Alsintan (UPJA) dengan manhadirkan Didik Purwadi Nugroho, SE., pemilik UPJA Taju Jawa Prambanan, Jawa Tengah. Kuliah tamu ini bertempat di ruang kuliah 1.05 dan dihadiri oleh mahasiswa yang mengambil kuliah dan mahasiswa lain yang antusias terhadap perkembangan alsintan tanah air.

Perkuliahan dibuka oleh Dr. Andri Prima Nugroho selaku dosen pengampu mata kuliah yang memberikan pengantar mengenai tujuan dari kuliah tamu dan informasi mengenai penyusunan action plan sebagai proyek akhir kelompok dengan tema pengembangan UPJA tematik untuk wilayah tertentu sesuai dengan pilihan lokasi yang akan dijadikan studi kasus.

Didik Purwadi Nugroho menyampaikan materi

Didik Purwadi Nugroho memulai materi dengan perkenalan diri dan unit usaha yang dirintisnya yaitu penyedia jasa alsintan mulai dari Pengolahan tanah, Penanaman padi, Pemanen, sampai dengan Rice Milling Unit. Diulas juga mengenai latar belakang perlunya penerapan alat dan mesin pertanian di Indonesia serta tantangan yang dihadapi.

Didik mengatakan bahwa tantangan terbesar penerapan mekanisasi pertanian, alat mesin pertanian, adalah sosial budaya, disusul dengan faktor teknis kesiapan lahan serta peralatan yang sesuai dengan aspek agroteknis.

Sebagai penutup, Didik mengajak generasi penerus untuk peka dan melihat permasalahan langsung di lapangan dengan cara terjun dan dekat dengan petani agar dapat memberikan kontribusi pemikiran, rekayasa atau desain yang mampu meringankan pekerjaan dan meningkatkan produktivitas.

Suasana perkuliahan tamu

Dengan adanya kuliah tamu yang menghadirkan praktisi ini, harapannya dapat memberikan gambaran riil mengenai peluang bisnis  dibidang penyedia jasa alsintan pada generasi muda dan memberikan bekal pengetahuan untuk pengelolaan yang lebih baik. Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem senantiasa mendorong siswanya untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam pengembangan usaha berbasis agroteknologi.

Kontributor: AN
Foto: Mukhoirotul Khomsah, STP.

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.