tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia

Perpustakaan Universitas

Koleksi tercetak yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Gadjah Mada terdiri atas:

Buku Teks

Koleksi ini meliputi semua subyek ilmu pengetahuan (dari golongan 000=umum sampai dengan golongan 900=ilmu bumi), yaitu:

000 : Umum 500 : Ilmu-ilmu Murni
100 : Filsafat 600 : Ilmu-ilmu Terapan
200 : Agama 700 : Kesenian
300 : Sosial 800 : Kesusastraan
400 : Bahasa 900 : Geografi/ Ilmu Bumi

Buku teks merupakan koleksi yang dipinjamkan kepada anggota Perpustakaan atau biasa disebut dengan koleksi Sirkulasi. Di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, koleksi buku teks berada di Ruang Layanan Sirkulasi, Gedung L7 lantai 1.

Buku Referensi

Koleksi Referensi berupa koleksi rujukan, baik berupa koleksi rujukan umum maupun khusus, seperti kamus, ensiklopedia, direktori, abstraks, indeks, manual, laporan tahunan, standard, paten, terbitan pemerintah seperti UU, Keppres, Kepmen, Perpu, Perda dan lain sebagainya. Koleksi referensi dilayankan untuk dibaca di tempat atau difotokopi. Di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, Koleksi Referensi ditempatkan pada Layanan Referensi yang berada di Gedung L6 lantai 1.

Terbitan Berkala

Merupakan koleksi yang berupa sumber informasi yang diterbitkan secara berkala baik harian, mingguan, tengah bulanan, bulanan, triwulanan, tengah tahunan maupun tahunan. Contoh koleksi terbitan berkala antara lain surat kabar, majalah, jurnal, buletin, dan lain sebagainya. Seperti halnya koleksi referensi, terbitan berkala hanya boleh dibaca ditempat atau difotokopi. Koleksi ini berada di Layanan Referensi dan Terbitan Berkala, Gedung L5 lantai 1 Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.

Koleksi terbitan berkala hasil publikasi di lingkungan UGM selain tersedia dalam format cetak juga dalam bentuk digital. Penelusuran online terhadap artikel beserta abstraknya dapat dilakukan melalui http://repository.ugm.ac.id/. Untuk mendapatkan fulltext-nya pemustaka dapat menghubungi perpustakaan atau berkunjung langsung karena akses fulltext disediakan terbatas dalam jaringan lokal perpustakaan.

Karya Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Koleksi ini merupakan kumpulan tugas akhir dari mahasiswa Sekolah Vokasi (D3), Sarjana (S1), Sekolah Pascasarjana (S2) dan Program Doktoral (S3) dari seluruh program studi yang ada di Universitas Gadjah Mada. Keseluruhan koleksi tersedia dalam bentuk soft copy. Skripsi dan Karya Akhir juga tersedia dalam bentuk soft copy yang dimulai untuk publikasi Juni 2013. Karya Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi hanya dapat dibaca di tempat melalui jaringan komputer pada ruangan ini. Tersedia kurang lebih 64 komputer yang dapat digunakan untuk mengakses koleksi ini. Pemustaka diperbolehkan memfotokopi pada bab atau halaman tertentu sesuai peraturan yang berlaku. Koleksi Karya Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi ditempatkan pada Layanan Tesis dan Disertasi Gedung L5 lantai 2 Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.

Penelusuran online katalog tesis dan disertasi digital beserta abstraknya dapat dilakukan melalui Katalog Tesis dan Disertasi; namun akses ke fulltext saat ini masih disediakan terbatas dalam jaringan lokal perpustakaan.

Karya Ilmiah (KKI)

Koleksi Karya Ilmiah di Perpustakaan UGM berupa kumpulan hasil publikasi penelitian, prosiding seminar, pidato pengukuhan Guru Besar, laporan penelitian (Lapen) dan lain sebagainya. Koleksi KKI hanya boleh dibaca ditempat atau difotokopi. Koleksi KKI dilayankan di Ruang Layanan KKI, Gedung L5 lantai 3 Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. Seperti halnya koleksi terbitan berkala dan thesis/disertasi, koleksi KKI juga tersedia dalam bentuk digital yang dapat diakses fulltext-nya oleh umum melalui Repository UGM.

Selain kelima macam Koleksi tersebut diatas, Perpustakaan UGM juga memiliki koleksi hibah dari beberapa Mitra Kerja, yaitu:

1. Koleksi Sampoerna, merupakan Koleksi Hibah dan kerjasama antara Universitas Gadjah Mada dengan Yayasan Putra Sampoerna. Koleksinya mencakup berbagai ilmu pengetahuan populer terkait dengan kewirausahaan, psikologi, agama, politik dan kemasyarakatan, akuntansi, manajemen, pengembangan diri, ketrampilan, budaya, kesusastraan, dan sebagainya. Di koleksi Sampoerna juga tersedia koleksi audiovisual dan CD. Koleksi Sampoerna tersedia di Ruang Sampoerna Corner yang terletak di Gedung L6 lantai 1 Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.

2. Koleksi Amerika (ASL) diperoleh dari hasil kemitraan Universitas Gadjah Mada dengan Kedutaan Amerika Serikat untuk Indonesia. Koleksinya memberikan informasi baru, akurat, dan terpercaya mengenai politik, ekonomi, kebudayaan, pendidikan dan kehidupan sosial di Amerika Serikat melalui buku, majalah dan jurnal, audiovisual, dan akses pangkalan data online, serta program-program yang terbuka bagi masyarakat umum. Koleksi Amerika yang dipinjamkan ditempatkan di Layanan Peminjaman (sirkulasi) Gedung L7 lantai 1, sementara yang dilayankan untuk dibaca di tempat (referensi) ditempatkan di Layanan Referensi Gedung L6 lantai 1 Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.

3. Koleksi Nation Building ( NBC)

Sebagian besar Koleksi NBC terdiri atas buku-buku mengenai Indonesia yang meliputi bidang kepahlawanan, kebudayaan, geografi, politik, biografi tokoh, bahasa, adat istiadat, sejarah, dan ekonomi. Koleksi NBC menempati Ruangan pada Layanan Referensi dan Terbitan Berkala di Gedung L6 lantai 1 Perpustakaan Universitas Gadjah Mada dan dilayankan untuk dibaca di tempat.

4. Koleksi Bank Dunia

Koleksi Bank Dunia berasal dari kemitraan antara Universitas Gadjah Mada dan Bank Dunia, Jakarta. Publikasi terbaru diterima dari World Bank Headquarters di Washington DC. Koleksi Bank Dunia terdiri atas buku-buku terbitan Bank Dunia (World Bank). Koleksi yang disajikan termasuk juga akses Online Database Resources, World Development Indicators Online, Global Development Indicators Online dan World Bank eLibrary untuk memperoleh data statistik seluruh dunia dan publikasi online lainnya. Koleksi Bank Dunia dilayankan di IDIS Corner (Indonesia Development Information Services) yang berada di Ruang Windows of the World (WOW) Gedung L1 lantai 1 Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.

5. Koleksi Hatta dan Koleksi Langka

Koleksi Hatta dan Koleksi Langka berasal dari koleksi pribadi Almarhum Mr. Mohammad Hatta (Wakil Presiden Pertama RI) yang semula dikelola oleh Yayasan Hatta/Hatta Foundation. Koleksi Hatta terdiri dari buku dan jurnal dalam berbagai bahasa dan bidang seperti politik, ekonomi, sosial, sastra, kebudayaan, dan pendidikan. Berdasarkan perjanjian kesepakatan antara Universitas Gadjah Mada dan Yayasan Hatta nomor: 1898/P/KS/2006 tanggal 20 Mei 2006 pengelolaan Perpustakaan Hatta diserahkan kepada UGM yang selanjutnya menjadi Hatta Corner. Koleksi Hatta dan Koleksi Langka menempati ruangan pada Hatta Corner di Gedung L6 lantai 3 Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.

Koleksi Hatta dan Koleksi Langka Perpustakaan UGM dilayankan dengan ketentuan:

  1. Koleksi Hatta dan Koleksi Langka dilayankan tertutup; pengambilan dan pengembalian koleksi dilakukan oleh petugas
  2. Koleksi Hatta dan Koleksi Langka hanya dapat dibaca di tempat dan tidak untuk dipinjamkan
  3. Koleksi Hatta dan Koleksi Langka yang keadaan fisiknya sudah rusak berat disimpan dalam tempat khusus dan tidak untuk dilayankan kepada pemustaka kecuali versi digitalnya (apabila sudah tersedia)
  4. Koleksi versi digital dilayankan untuk dibaca di tempat, tidak untuk diunduh maupun dikopi
  5. Pemustaka yang menghendaki membaca koleksi yang keadaannya rusak berat namun belum tersedia versi digitalnya dapat dilayani dengan pengawasan khusus
  6. Petugas dan pemustaka wajib memperlakukan Koleksi Hatta dan Koleksi Langka dengan hati-hati untuk menjaga kelestariannya.

Kontributor: Lilik K. Uswah dan Rini Iswandari (http://lib.ugm.ac.id)