tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Seminar Hasil Penelitian Mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem – November 2016
Tuesday November 29th, 2016
0

Yogyakarta – Seminar hasil penelitan mahasiswa merupakan salah satu media bagi mahasiswa untuk mempresentasikan hasil penelitian tugas akhir (skripsi). Kegiatan ini menjadi syarat bagi mahasiswa yang akan melaksanakan ujian skripsi. Ada banyak manfaaat yang bisa diambil dari kegiatan seminar hasil ini. Bagi presenter, ajang ini dapat menjadi sarana berlatih presentasi sebelum ujian skripsi, selain itu juga mendapatkan berbagai masukan baik dari sesama mahasiswa maupun dari dosen pembimbing untuk perbaikan skripsinya. Bagi mahasiswa yang hadir sebagai peserta, mereka akan mendapatkan informasi tentang berbagai hasil penelitian yang telah dilakukan oleh teman-temannya yang mungkin berbeda dengan penelitiannya sendiri. Selain itu, mahasiswa dapat melatih kemampuan berkomunikasi dalam forum ilmiah.

Laboratorium Energi dan Mesin Pertanian Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem FTP UGM menyelenggarakan seminar hasil penelitian mahasiswa di Ruang Audiovisual pada hari Kamis, 24 Nopember 2016 pukul 09.00 – 12.00 WIB. Kegiatan ini diisi oleh 5 mahasiswa presenter dan dihadiri oleh 35 peserta mahasiswa dari berbagai minat study. Selain itu ada juga 4 orang dosen yang turut hadir yaitu Prof. Bambang Purwantana, Dr. Ngadisih, Andri Prima Nugroho, Ph.D. dan Sri Markumningsih, M.Sc.. Adapun mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitiannya yaitu :

No    Nama Judul Penelitian
1  Derryl Septian Silalahi Kajian Pengukur Dan Pengendali Nutrisi Otomatis Pada Budidaya Tanaman Sawi Caisim
2 Edwin Heryandi H. Analisis Energi Pada Proses Produksi Bayam Merah Secara Hidroponik di Greenhouse
3 Reza Aditya Pangestu Pengaruh Perlakuan Panas dan Lama Fermentasi Terhadap Hasil Bioetanol dari Limbah Salak
4 Lidrian Andrew J. Siburian Pengaruh Kecepatan dan Lama Waktu Pengadukan Pada Proses Transesterifikasi Terhadap Hasil Biodiesel dari Minyak Jelantah
5  Amri Situmorang Analisis Iklim Mikro dan Fisiologi Tanaman Bayam Merah (Amaranthus gangeticus L.) pada Sistem Hidroponik dengan Variasi Lampu Berwarna

Seminar Hasil Penelitian Mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem UGM
Seminar Hasil Penelitian Mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem UGM

Seminar diselenggarakan dengan mekanisme 15 menit presentasi dan dilanjutkan sesi diskusi. Dalam sesi diskusi, peserta dapat mengajukan pertanyaan maupun masukan bagi presenter, selain itu dosen pembimbing juga memberikan masukan-masukan agar skripsi dari presenter tersebut menjadi lebih baik. Dengan penyelenggaraan seminar seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa berperan dalam forum-forum ilmiah.

Kontributor:
Sri Markumningsih, STP., M.Sc.

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.