[:id]Inisiasi Pemberdayaan Institusi Pedesaan Taruna Tani Berbasi Manajemen Pengetahuan[:]

[:id]Pada hari jumat tanggal 18 Mei 2018, Departemen Teknik Pertanian Dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada, menyerahkan secara simbolis bibit pisang kepok kuning dan pisang ambon tandan 2 kepada  tiga taruna tani dari Desa Pleret, Desa Potorono dan Desa Sriharjo. Penyerahaan bibit ini merupakan pengujian dari salah satu konsep pemberdayaan institusi masyarakat pedesaan berbasis pertanian dengan menggunakan knowledge management yang sedang dikembangkan oleh Prof.Dr.Ir. Sigit Supadmo Arif, M.Eng dan tim di tiga desa tersebut.

Taruna Tani merupakan wadah perkumpulan dari Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Karangtaruna, Kelompok Wanita Tani (KWT) dan BUMDES, yang berada dibawah koordinasi Gerakan Irigasi Bersih (GIB). Masing-masing taruna tani diberikan 40 bibit pisang. Kedepannya bibit pisang ini ketika sudah berbuah tidak hanya dijual sebagai pisang tetapi juga akan diberikan pembinaan untuk pengolahan pascapanen sehingga dapat bernilai jual yang tinggi.

Kegiatan ini bertepatan dengan Dies Natalis FTP yang ke 55, sehingga dijadikan salah satu agenda kegiatan dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Dr. Ir. Eni Hermayani, M.Sc.,  serta Ketua Panitia Lustrum Prof. Dr. Ir. Lilik Soetiarso, M.Eng.[:]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.