tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Kuliah Tamu Pasca – Computational Mechanics oleh Prof. Takashi Okayasu dari Kyushu University
October 26, 2017
0
Senin, 23 Oktober 2017. Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Univesitas Gadjah Mada kembali menyelenggarakan seri kuliah tamu untuk mahasiswa di Program Studi S1 Teknik Pertanian. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan, khususnya dari pengajar luar negeri dengan materi-materi yang terkini. Pada kesempatan ini, Departemen mengundang Associate Prof. Takashi Okayasu, Ph.D dari Kyushu University, Jepang untuk menyampaikan materi perkuliahan untuk pasca sarjana terkait dengan Computational Mechanics dengan judul kuliah “Computational Mechanics – An Introduction and Its Application to Biosystems Engineering”. Bertempat di ruang sidang departemen, perkuliahan dihadiri oleh sekitar 20 mahasiswa pascasarjana. Perkuliahan dimulai pada pukul 13:00 dan dimoderatori oleh Dr. Andri Prima Nugroho.
Penyampaian materi kuliah computational mechanics
Prof. Okayasu memberikan pengenalan mengenai dasar teori dan juga aplikasi komputasi mekanik, mulai dari tegangan, regangan, deformasi, serta bagaimana formulasi matematisnya agar dapat diselesaikan secara numerik. Lebih lanjut, model konstitutif deri materi elastoplastis juga dikenalkan untuk analisis perilaku material dalam bidang teknik biosistem. Aplikasi dalam perancangan peralatan dan mesin pertanian menggunakan Finite Element Method juga menjadi salah satu topik yang beliau singgung dalam memberikan contoh aplikasi riilnya.
Materi elastoplasticity
Beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan terkait materi dan juga ide dan gagasan untuk penerapan computational mechanics ini untuk thesis maupun disertasi. Harapannya, melalui perkuliahan ini, mahasiswa pasca mendapatkan pengalaman dan nuansa perkuliahan di luar negeri dengan materi-materi terkini. Lebih lanjut, mahsiswa dapat mengambil manfaat dan juga kesempatan untuk memperoleh pengalaman studi di luar negeri kedepannya.
Kontributor: Andri Prima Nugroho, Ph.D

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.