TEKNIK PANGAN, PASCAPANEN & BIOPROSES

Kelompok Bidang Kejuruan (KBK) Teknik Pangan, Pascapanen, dan Bioproses adalah disiplin yang mencakup berbagai aspek teknik dalam penanganan produk pertanian dari fase pascapanen hingga pengolahan, dengan fokus pada rekayasa proses dan peralatan yang diperlukan. Bidang kompetensi dalam kejuruan ini mencakup teknologi pascapanen, seperti proses penyimpanan dan penanganan biji-bijian, buah, dan sayuran, serta pendinginan bahan pangan, pengeringan, evaluasi masa simpan, dan pengemasan. Selain itu, TPPB juga mengajarkan teknik pangan atau proses pangan, yang meliputi pengolahan termal, rheologi, teknologi serbuk, kontrol proses, dan evaluasi kualitas makanan, serta teknik bioproses yang mencakup teknik rekayasa bioreaktor, produksi bioetanol, penggunaan mikroorganisme dalam pengolahan pangan, pengolahan limbah, serta pengetahuan bahan pangan.

KBK ini bertujuan untuk melatih para mahasiswa agar memiliki pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek teknis dalam industri pangan, termasuk penanganan produk pertanian dari awal hingga akhir proses pengolahan. Dengan memahami teknologi pascapanen, teknik proses pangan, dan teknik bioproses, lulusan diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan efisiensi, kualitas, dan keamanan produk pangan, serta berkontribusi dalam pengembangan teknologi pengolahan pangan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

WhatsApp Image 2024-01-29 at 12.53.25_c002b89f

Sambutan Kepala KBK

Dr. Ir. Devi Yuni Susanti, M.Sc., IPU., ASEAN Eng.

Selamat datang di Departemen Teknik Pertanian & Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada.

Departemen Teknik Pertanian & Biosistem berfokus pada pengimpementasian ilmu keteknikan dalam bidang pertanian dan biosistem untuk mendukung kegiatan pertanian yang berkelanjutan.

Terima kasih telah mengunjungi halaman kami. Semoga Departemen Teknik Pertanian & Biosistem memberikan kesan yang baik bagi Anda.

RISET DAN PUBLKASI

Teknik Pangan

Teknologi Pascapanen

Teknik Bioproses

sTRUKTUR KBK

Koordinator KBK

Anggota KBK