TEKNIK SUMBER DAYA LAHAN DAN AIR

KBK Teknik Sumber Daya Lahan dan Air (TSLA) merupakan disiplin yang menangani berbagai aspek teknis dalam konservasi, manajemen, dan pengelolaan sumber daya lahan dan air. Cakupan bidangnya meliputi teknik konservasi tanah dan air, yang mencakup studi tentang hidroklimatologi serta pengendalian erosi dan sedimentasi untuk menjaga kelestarian tanah dan mengatur aliran air secara optimal. Selain itu, kejuruan ini juga mencakup teknik dan manajemen irigasi, yang meliputi perancangan, manajemen, dan pengelolaan sistem irigasi, termasuk penerapan teknologi irigasi mikro untuk efisiensi penggunaan air dalam pertanian. Manajemen lahan dan air juga menjadi fokus penting dalam kejuruan ini, dengan penekanan pada penggunaan sistem informasi spasial dan pengembangan strategi manajemen terintegrasi untuk pengelolaan sumber daya lahan yang berkelanjutan.

Mata kuliah pendukung dalam TSLA mencakup berbagai topik yang mendukung pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam bidang teknik sumber daya lahan dan air, seperti fisika hayati, fisika tanah, pemetaan, dan sistem informasi geografis pada pertanian. Dengan demikian, lulusan KBK TSLA diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam dalam merancang, mengelola, dan menjaga keberlanjutan sumber daya lahan dan air untuk mendukung pertanian yang efisien, produktif, dan berkelanjutan. Dengan tantangan perubahan iklim dan kebutuhan akan ketahanan pangan yang semakin meningkat, kehadiran ahli teknik sumber daya lahan dan air menjadi sangat penting dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan pertanian dan memastikan ketersediaan sumber daya bagi generasi mendatang.

Sambutan Koordinator KBK

Chandra Setyawan, S.T.P., M.Eng., Ph.D, IPM, ASEAN Eng.

Selamat datang di Departemen Teknik Pertanian & Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada.

Departemen Teknik Pertanian & Biosistem berfokus pada pengimpementasian ilmu keteknikan dalam bidang pertanian dan biosistem untuk mendukung kegiatan pertanian yang berkelanjutan.

Terima kasih telah mengunjungi halaman kami. Semoga Departemen Teknik Pertanian & Biosistem memberikan kesan yang baik bagi Anda.

1_6000px

RISET DAN PUBLKASI

Teknik Konservasi Tanah dan Air

Teknik dan Manajemen Irigasi

Manajemen Lahan dan Air

STRUKTUR KBK

Koordinator KBK

Anggota KBK

Prof. Dr. Ir. Sahid Susanto, M.S.

NIP. 195312211980031005

Dr. Ngadisih, S.T.P, M.Sc., IPM.

NIP. 198009072008122003