TEKNIK PENGENDALIAN LINGKUNGAN HAYATI

Teknik Pengendalian Lingkungan Hayati (TPLH) adalah bidang kejuruan yang mengintegrasikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip lingkungan yang optimal untuk budidaya tanaman dan ternak dengan aplikasi ilmu teknik dalam menciptakan kondisi lingkungan yang mendukung pertumbuhan optimal bagi tanaman dan ternak. Selain itu, melalui penerapan teknik proses pengolahan limbah pertanian, TPLH bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan limbah pertanian dalam segala bentuknya, baik padat, cair, maupun gas. Manajemen pengelolaan limbah pertanian menjadi aspek penting dalam kejuruan ini, di mana mahasiswa diajarkan strategi manajemen efektif untuk mengelola limbah pertanian dengan mempertimbangkan aspek lingkungan dan keberlanjutan.

Di samping itu, TPLH ini juga mencakup aspek teknik bangunan pertanian yang melibatkan mekanika tanah, teknik pondasi, serta bahan dan konstruksi bangunan pertanian. Perancangan dan konstruksi fasilitas pengendalian udara ruangan juga menjadi bagian dari keahlian yang diajarkan dalam bidang ini. Selain itu, teknik pengolahan biomaterial merupakan fokus penting, yang mencakup pengembangan bahan-bahan berbasis hayati seperti biopolimer dari sumber-sumber terbarukan dan limbah pertanian, serta teknologi bioplastik dan biokomposit yang mendukung proses produksi pertanian secara berkelanjutan. Dengan demikian, lulusan dari TPLH diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan dalam aktivitas pertanian serta pengelolaan lingkungan.

Sambutan Ketua KBK

Bayu Dwi Apri Nugroho, S.T.P., M.Agr., IPU.

Selamat datang di Departemen Teknik Pertanian & Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada.

Departemen Teknik Pertanian & Biosistem berfokus pada pengimpementasian ilmu keteknikan dalam bidang pertanian dan biosistem untuk mendukung kegiatan pertanian yang berkelanjutan.

Terima kasih telah mengunjungi halaman kami. Semoga Departemen Teknik Pertanian & Biosistem memberikan kesan yang baik bagi Anda.

RISET DAN PUBLKASI

Teknik Pengendalian Lingkungan Budidaya Massa Hayati

Teknik Proses Pengolahan Limbah Pertanian

Pengelolaan Limbah Pertanian

Teknik Bangunan Pertanian

Teknik Pengolahan Biomaterial

Struktur kbk

Koordinator KBK

Kepala Laboratorium Fisika Hayati

Kepala Laboratorium Teknik Lingkungan & Bangunan Pertanian

Anggota KBK TPLH

Dr. Prieskarinda Lestari, S.T.

NIP. 111199601202110201