tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Kuliah Tamu Smart Agriculture – IoT Application in Agriculture oleh Prof. Takashi Okayasu dari Kyushu University Jepang
October 26, 2017
0
Senin, 23 Oktober 2017. Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Univesitas Gadjah Mada kembali menyelenggarakan seri kuliah tamu untuk mahasiswa di Program Studi S1 Teknik Pertanian. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan, khususnya dari pengajar luar negeri dengan materi-materi yang terkini. Pada kesempatan ini, Departemen mengundang Associate Prof. Takashi Okayasu, Ph.D dari Kyushu University, Jepang untuk menyampaikan materi perkuliahan terkait degan IT Agriculture dengan judul “Smart Agriculture – IoT Application in Agriculture”. Bertempat di Auditorium Kamarijani-Soenjoto, perkuliahan dihadiri oleh kurang lebih 100 mahasiswa dari jenjang sarjana dan pascasarjana. Perkuliahan dimulai pada pukul 09:00 WIB dengan dimoderatori oleh Dr. Rudiati Evi Masithoh.
Prof. Okayasu memberikan materi mengenai sensor network
Prof. Okayasu terlebih dahulu mengenalkan Kyushu University, sebagai salah satu universitas negeri di Jepang, dengan pelbagai fasilitas penelitian dan aktivitas kegiatan di Lab yang mendukung kegiatan riset disana. Berikutnya masuk pada materi IoT dan aplikasinya. Prof. Okayasu menjelaskan konsep IoT (Internet of Things) yang saat ini sedang menjadi key-technology dalam bidang teknologi sensor terdistribusi memanfaatkan jaringan internet. Beberapa contoh aplikasi yang sudah beliau kerjakan seperti field environmental monitoring, ubiquitous environmental control system (UECS), dan robot untuk mengumpulkan data lingkungan serta foto. Aplikasi fenotyping untuk klasifikasi tanaman denga memanfaatkan teknologi image processing juga menjadi salah satu penerapan dalam bidang pertanian.
Suasana perkuliahan
Demo peralatan IoT juga diperagakan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai seperti apa IoT dalam penerapannya. Prof. Okayasu membawa peralatan mikrokontroller, mikrokomputer, serta monitoring node untuk memperagakan UECS. Mahasiwa memberikan pertanyaan terkait dengan materi dan juga tugas akhir yang terkait dengan IoT serta sensor network.
Demo peralatan IoT pada sistem UECS
Melalui perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem dapat mengambil manfaat dan juga kesempatan untuk memperoleh pengalaman studi di luar negeri kedepannya.

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.