tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Keberangkatan Mahasiswa untuk mengikuti Student Exchange Program 2018 ke Maejo University
March 10, 2018
0

Chiang Mai, 8 Maret 2018. Setelah tahun lalu Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM bersama dengan Faculty of Engineering and Agro-Industry Maejo University Thailand berhasil menyelenggarakan program pertukaran mahasiswa untuk pertama kalinya, maka pada tahun kedua ini, departemen kembali mengirimkan kembali dua mahasiswa untuk belajar dan melaksanakan penelitian di Maejo University, mulai tanggal 5 Maret – 1 Juni 2018. Program pertukaran mahasiswa ini bertujuan untuk memberikan bekal pengalaman internasional kepada mahasiswa, mempelajari budaya, serta mempererat kerjasama antar dua Universitas.

Dr. Andri Prima Nugroho menyerahkan Kenang-kenangan kepada Dekan Faculty of Engineering and Agro-Industry Maejo University (Photo by Dr. Sunate Surbkar)

 

Student Exchange Program 2018

Tahun ini, topik yang diangkat adalah Smart Farming, penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang terintegrasi pada penerapan pertanian presisi. Mahasiswa akan belajar selama tiga bulan di Maejo University dan melaksanakan penelitian sebagai bagian dari tugas akhir dengan pembimbing Dr. Andri Prima Nugroho dari UGM. Dua mahasiswa yang berangkat ke Maejo adalah Bimo Sandi Pratidina (14), mengambil topik “Design of Nutrient Solution Sterilization System based on UV”  dibawah supervisi Dr.  Siriwat Sakhonwasee dan Zaidan Alif Muttaqqin (14) dengan topik “Smart Wireless Sensor Network for Nutrient Monitoring System” dengan pembimbing Dr. Chotpong Kanjanapacoat.

Zaidan mempresentasikan proposal penelitian
Bimo mempresentasikan proposal penelitian

Kuliah Tamu “Smart Agriculture Application”

Pada kesempatan ini, Dr. Andri Prima Nugroho juga berkesempatan mengisi kuliah tamu dengan judul “Application of Smart Agriculture in Tropical Agriculture Production in Indonesia” di Faculty of Engineering and Agro-Industry pada tanggal 5 Maret 2018. Kuliah tamu dipandu oleh Dr. Sunate Surbkar yang juga menjadi penanggung jawab program kerjasama antara dua universitas. Bertempat di ruang kuliah umum lantai 1 dihadiri oleh mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Sharing hasil penelitian dan juga diskusi mengenai peluang kerjasama penelitian yang terkait dengan topik smart agriculture.

Dr. Andri Prima Nugroho memberikan kuliah tamu mengenai Aplikasi Smart Agriculture (Photo by Dr. Sunate Surbkar)

 

Foto bersama setelah selesai kuliah tamu (Photo by Dr. Sunate Surbkar)

Inisisasi kerjasama penelitian tentang Plant Factory

Topik kajian plant factory menjadi salah satu topik penelitian yang akan dikerjakan bersama kedepannyta. Dr. Choatpong dan Dr. Siriwat sudah menjalankan riset mengenai plant factory di Maejo University 2-3 tahun terakhir. Dengan adanya mahasiswa UGM yang ikut belajar disana, harapannya akan menjadi awal yang baik untuk juga mengembangkan plant factory di Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM.

Kunjungan ke Strawberry Chang yang menerapkan teknologi Plant Factory

 

Penelitian plant factory di Lab. Dr. Siriwat

Kontributor: Dr. Andri Prima Nugroho

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.