tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem UGM Menjuarai One Minute Video Challenge Science and Technology #Sciencewithito
September 10, 2019
0

Yogyakarta 10 September 2019. Mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian UGM menjadi video terbaik 1 pilihan tim dalam “One Minute Video Challenge #sciencewithito”. Kompetisi video berdurasi satu menit ini diselenggarakan dalam rangka rangkaian Simposium Cendekia Kelas Dunia (SCKD 2019) di Jakarta oleh Dr. Ing. Hutomo Suryo Wasisto, Nanoscientist di Jerman, melalui akun instagram pribadinya @hutomowasisto. Secara umum, kegiatan ini diadakan untuk mendukung pengembangan minat masyarakat Indonesia dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi.

Dalam video challenge berdurasi satu menit ini, Mira Aprilia Nur Fadilah, Ardan Wiratmoko (Teknik Pertanian dan Biosistem 2017) dan Yusuf Abdhul Aziz (Teknologi Industri Pertanian 2016) menjelaskan tentang penelitian mengenai sistem monitoring tumbuh-kembang yang telah dilakukan pada plant factory dibawah bimbingan Dr. Andri Prima Nugroho di Smart Agriculture Research Group, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian UGM.

Mira menjelaskan bahwa komoditas sayuran menjadi salah satu kebutuhan primer yang kualitasnya perlu diperhatikan keseragamaannya. Pengukuran pertumbuhan tanaman secara konvensional bersifat destruktif dan pengaruh human error sangat besar. Pngembangan metode pengukuran otomatis tumbuh-kembang tanaman pada plant factory secara presisi, akurat serta real-time dilakukan menggunakan kamera stereo. Citra tanaman diambil pada periode waktu yang ditentukan , diolah dan dijadikan acuan untuk menghitung ketinggian dan luasan tanaman dengan memanfaatkan perbedaan kedalaman (depth) pada disparitas warna.  Hasil kemudian dikonversi dan disparitas warna diubah dalam bentuk biner untuk menghitung nilai ketinggian dan luasnya secara presisi dan akurat.

Dengan begitu pemantauan dapat secara tepat dan tanpa batasan waktu. Kedepannya, dengan diadakannya video challenge ini, masyarakat Indonesia dapat menyalurkan minat dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi khususnya dalam hal penelitian, selain itu juga diharapkan penelitian yang telah dilakukan ini dapat dikembangkan lagi kedepannya.

Hutomo mengapresiasi hasil peneltian yang dikembangkan Mira dkk, seperti diungkapkan dalam komentarnya di Instagram, “This is really cool. Braucht keine Diskussion” Ujar Ito. Video penelitian mira mendapatkan 1.542 Views and 369 Likes dan menjadi yang terbaik 1 pilihan tim penilai.

Tim Peneliti Smart Agriculture Resarch saat Monev PKM PE

Video Selengkapnya ada di YouTube Departemen Teknik Pertanidan dan Biosistem UGM

Kontributor: Mira Aprilia
Video: Mira, Ardan, Yusuf,
Editor: AN

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.