tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Inisisasi Kerjasama antara YESSA Jepang dengan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM
June 29, 2017
0

Yogyakarta, 22 Juni 2017. Departemen Teknik Pertanian & Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada berkesempatan mendapat kunjungan inisiasi kerjasama dari Yanmar Environmental Sustainability Support Association (YESSA). Rombongan Yanmar, yang terdiri dari Mr. Kawano dan Mr. Osamu, diterima secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Eni Harmayani,  di ruang Dekanat pada pukul 13:00 WIB dengan didampingi oleh perwakilan dari Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Prof. Bambang Purwantana dan Prof. Lilik Soetiarso. Pada kesempatan ini, disampaikan secara umum maksud dan tujuan kunjungan serta peluang kerjasama lebih lanjut antara FTP UGM dengan Yanmar terkiat dengan adanya Program YESSA.

Foto bersama tim Yanmar dengan FTP UGM

Program yang ditawarkan YESSA adalah “Model Development of Sustainable Agri-Environmental System for Accelerating Community Welfare”, salah satu bentuk kepedulian Yanmar terhadap lingkungan dan juga masyarakat. Yanmar sebagai pemain lama yang sudah malang melintang di dunia mesin pertanian di Indonesia selama kurang lebih 60 tahun. Sebagai timbal balik, program yang akan ditawarkan tidak hanya terkait dengan mesin pertanian, namun juga mencakup aspek lingkungan dan pengembangan kemasyarkatan. Ibu Dekan menyambut baik adanya ide kerjasama ini dan berharap agar dapat diwujudkan dan dikomunikasikan untuk keberlanjutan kegiatan-kegiatan yang memberikan manfaat pada kedua belah pihak.

Pembahasan teknis payung penelitian untuk kerjasama antara Yanmar – DTPB UGM

Pembahasan teknis mengenai program dilanjutkan di ruang sidang departemen Teknik Pertanian dan Biosistem lantai tiga dengan dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Purwantana selaku Kepala Departemen. Dilanjutkan dengan presentasi mengenai pengenalan Departemen serta potensi-potensi bidang yang akan diajukan sebagai program. Turut hadir juga Prof. Sigit Supadmo Arif, yang juga berkesempatan untuk mengenalkan program GIB (Gerakan Irigasi Bersih) serta Dr. Ngadisih yang mengenalkan pembinaan masyarakat Selopamioro. Perwakilan dari YESSA, Mr. Y, merespon positif guideline dan memberikan mandat kepada Prof. Lilik Sutiarso dan tim untuk menyusun payung besar penelitian terkait dengan topik yang akan dikerjakan bersama.

Kunjungan ke Laboratorium Energi dan Mesin Pertanian
Penyerahan kenang-kenangan oleh Ketua Departemen, Prof. Dr. Bambang Purwantana

Agenda terakhir adalah kunjungan ke laboratorium dan juga fasilitas riset yang ada di Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM. Kunjugan pertama adalah ke Lab. Energi dan Mesin Pertanian, melihat alat dan mesin pertanian yang ada serta penelitian yang sudah dikerjakan. Beberapa penelitian mesin pertanian, kontrol dan otomasi serta teknologi energi dijelaskan melalui poster penelitian. Kunjungan dilanjutkan ke Lab. Tanah dan Irigasi untuk melihat peralatan dan aktivitas lab. Sebagai tindak lanjut dari kunjugan inisiasi kerjasama dengan YESSA ini, maka bulan depan Mr. Osamu akan kembali untuk mempresentasikan bidang-bidang yang sesuai dengan program dari YESSA.

Kontributor: Andri Prima Nugroho, PhD.

comments