Mari Berpartisipasi dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa

Kreativitas dan prestasi mahasiswa merupakan indikator keberhasilan Pendidikan Tinggi. Oleh karena itu sarana, pembinaan dan ajang perlombaan sangat diperlukan dalam memberikan suasana kondusif bagi perkembangan kreativitas dan prestasi mahasiswa di segala bidang. Salah satu diantaranya DIKTI memberikan kesempatan besar bagi mahasiswa dalam mengembangan kreativitas dan prestasinya melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang selalu diadakan setiap tahun dan bermuara pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) sebagai ajang bergengsi kelompok PKM yang dinyatakan lolos seleksi untuk bertanding di level nasional.

Mari ukirkan prestasi dan tunjukkan kreativitasmu melalui keikutsertaan dalam ajang yang difasilitasi ini!
 

Sungguh merupakan kebanggaan yang luar biasa bagi mahasiswa yang dapat masuk dalam PIMNAS. Kesempatan berlomba, melihat karya luar biasa rekan-rekan se Nusantara dan berjumpa dengan rekan dan kolega se Indonesia menjadi pengalaman berharga dan torehan prestasi dalam sejarah hidup mereka di masa muda. Pengalaman luar biasa ini mendorong para alumni PIMNAS biasanya akan menggunakan kesempatan berikutnya untuk turut berpartisipasi dalam PIMNAS berikutnya jika masih memungkinkan atau memberikan pengalaman pada kelompok-kelompok berikutnya.

Jumlah proposal mahasiswa yang masuk dalam list pengajuan, jumlah proposal mahasiswa yang didanai hingga jumlah tim mahasiswa yang lolos seleksi PIMNAS merupakan ukiran prestasi Jurusan, Fakultas, dan Universitas sebelum peraihan medali emas, perak atau perunggu serta Piala Bergilir “ADHIKARTA KERTAWIDYA” bagi universitas peraih Juara Umum di saat PIMNAS. Merupakan runtutan kerja keras dan kerja cerdas dimulai dari penentuan ide, penyusunan proposal, pelaksanaan, hingga masuk ke PIMNAS yang menjadi rangkaian kreativitas mahasiswa dalam mengukir nama mereka sebagai mahasiswa kreatif dan berprestasi yang mengharumkan nama Jurusan, Fakultas dan Universitas.

Dua tahun berturut-turut, UGM berhasil memboyong Piala Bergilir “ADHIKARTA KERTAWIDYA” sebagai JUARA UMUM PIMNAS. Setelah melampaui perjuangan keras, tim PIMNAS UGM berhasil meraih kembali juara umum pada PIMNAS XXIII di Universitas Mahasaraswati, Denpasar, Bali tahun 2010 dan PIMNAS XXIV di Universitas Hassanudin Makassar tahun 2011.

PIMNAS tahun 2012 mendatang merupakan tantangan besar bagi UGM untuk mempertahankan kesuksesan sebagai JUARA UMUM agar Piala Bergilir “ADHIKARTA KERTAWIDYA” menjadi hak milik UGM jika selama 3 tahun berturut-turut sebagai JUARA UMUM. Dalam rentetan perjuang tersebut Jurusan Teknik Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian turut memberikan andil beberapa tim yang maju ke PIMNAS. Tahun 2009 dan 2010, 1 tim dari Jurusan Teknik Pertanian turut andil dalam perjuangan PIMNAS di Malang dan Denpasar. Tahun 2011, 3 tim dari Jurusan Teknik Pertanian mengisi 8 tim FTP turut andil dalam PIMNAS di Makasar. Prestasi ini perlu kita pertahankan dan kita tingkatkan pada tahun-tahun berikutnya.

Berdasarkan beberapa landasan pikir di atas, kami selaku dosen Jurusan Teknik Pertanian mengajak, menghimbau mahasiswa Teknik Pertanian untuk segera memulai menyusun ide, menuliskan proposal sehingga siap dimasukkan dalam jadwal yang telah ditentukan DIKTI. Dosen Jurusan Teknik Pertanian siap membimbing program kalian. Berbagai skema kreatifitas telah disediakan :

  1. PKM P bagi yang tertarik penelitian

  2. PMK M bagi yang tertarik pada program pengabdian masyarakat

  3. PKM K bagi yang tertarik pada kewirausahaan

  4. PKM T bagi yang tertarik pada pembuatan teknologi

  5. PKM GT bagi yang tertarik pada penulisan gagasan tertulis

  6. PKM KC bagi yang tertarik pembuatan inovasi teknologi baru tanpa mitra

Penentuan ide dan proposal dapat dimulai sedini mungkin di masa libur semester pendek dan libur lebaran sehingga telah sempurna diselesaikan setelah libur lebaran. Semakin cepat memulai, semakin siap untuk ditandingkan. Panduan penyusunan dan aturan dapat dilihat di web DIKTI. 

Mari ukirkan prestasi dan tunjukkan kreativitasmu melalui keikutsertaan dalam ajang yang difasilitasi ini! Mari mengharumkan nama Jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian dan Universitas Gadjah Mada melalui berbagai prestasi yang dapat kamu raih ! Salam Perjuangan !!!.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.