[:id]Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Jurnalisme Warga untuk Pemuda Tani di Kabupaten Bantul[:]

[:id]

Bantul 10 Oktober 2016. Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Kegiatan ini bertajuk Pelatihan Jurnalisme Warga dan dihadiri oleh 30 orang yang berasal dari Kabupaten Bantul. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama FTP UGM, UNESCO, Pemda Bantul, Kompas dan Gerakan Irigasi Bersih (GIB). Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 10:00 WIB s.d. 14:30 ini bertujuan untuk memberikan bekal ketrampilan menulis serta pemanfaatan media internet guna mengenalkan aktivitas dan kegiatan warga di Kabupaten Bantul.

Pembukaan oleh Ketua Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM, Prof. Bambang Purwantana

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Ketua Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem FTP UGM, Prof. Dr. Ir. Bambang Purwantana, M.Agr., dilanjutkan sambutan dari perwakilan pengurus Desa Sriharjo, ketua dari GIB Bapak Nardi, dan koordinator GIB, Bapak Bayundono.

dav
Materi mengenai bagaimana menjadi jurnalis oleh Bamang Sigas Sumantri, MA.

Materi pertama mengenai bagimana menjadi jurnalis yang baik disampaikan oleh Bambang Sigap Sumantri, MA., jurnalis dan editor senior dari harian Kompas. Teknis penulisan berita yang mengikuti kaidah baku pewartaan, meliputi 5W 1H (What, Where, When, Who, Why dan How), pengenalan jenis-jenis berita, serta latihan menulis berita.

Materi kedua mengenai bagimana memanfaatkan media internet untuk diseminasi informasi digital disampaikan oleh Andri Prima Nugroho, Ph.D dari Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem FTP UGM. Pada sesi kedua ini, peserta dikenalkan pemanfaatan sosial media dan web sebagai alat promosi produk lokal. Harapannya, peserta mampu membuat berita/tulisan bermuatan lokal yang dapat mengenalkan desa Sriharjo berikut dengan potensi-potensi yang ada didalamnya.

Galeri foto selengkapnya dapat dilihat di Facebook Fanpage DTPB.

Kontributor:
Andri Prima Nugroho

[:]

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.