Kuliah Tamu: Menghapuskan Kelaparan dengan Praktek Pertanian Berkelanjutan

Senin, 6 Mei 2024, dilaksanakan kuliah tamu yang disampaikan oleh Prof. Dr. Gary R. Sand di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM. Prof. Gary adalah Professor di Department of Bioproducts and Biosystems Engineering, University of Minnesota, Amerika. Kuliah tamu yang dilaksanakan di Ruang 384 Fakultas Teknologi Pertanian mengambil topik “Navigating Water Resource Challenges in U.S Agriculture: Towards Achieving Zero Hunger and Sustainable Practices under SDG #2”. Kuliah tamu dipandu oleh Dr. Chandra Setyawan, Kepala Laboratorium Teknik Sumberdaya Lahan dan Air dan diikuti oleh sekitar 100 orang baik mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, dosen, dan alumni. 

Penyampaian Materi Kuliah Tamu oleh Dr. Gary dimoderatori oleh Dr. Chandra Selaku Kepala Laboratorium Teknik Sumberdaya Lahan dan Air

SDG No. 2 Zero Hunger mempunyai 8 target, yang salah satu targetnya adalah to ensure sustainable food production systems and implement resilient agricultural practices that increase productivity and production, that help maintain ecosystems, that strengthen capacity for adaptation to climate change, extreme weather, drought, flooding and other disasters and that progressively improve land and soil quality. Prof. Gary menekankan bahwa dalam memproduksi pangan dengan pola produksi yang menjamin keberlanjutan lingkungan sangat tidak mudah, ditambah dengan perubahan iklim yang terjadi membuat hal tersebut semakin sulit. Dalam paparannya Prof. Gary menyampaikan karakteristik pertanian di Amerika dengan perbedaan sifat alamiah seperti curah hujan dan temperature maupun variasi budaya Masyarakat. Permasalahan yang dihadapi oleh sumberdaya air untuk pertanian di Amerika antara lain terkait dengan kekeringan, perkembangan kota yang memerlukan air, dan kualitas air. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh Prof. Gary untuk mengantisipasi permasalahan tersebut seperti drainasi bawah permukaan tanah dan mitigasi kehilangan unsur N. 

Foto Bersama Dr. Gary, Panitia dan Peserta Kuliah Tamu

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.