Kreativitas Mahasiswa Teknik Pertanian UGM dalam Ujian Perancangan Teknik Biosistem

Yogyakarta, 27 Juni 2024 – Mahasiswa prodi Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (FTP UGM) mengikuti ujian mata kuliah wajib perancangan teknik biosistem (PTB). Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang dipelajari dalam menyelesaikan masalah di masyarakat. Tujuan akhir dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat merekayasa dan membuat alat yang solutif, inovatif dan tepat guna.

Presentasi Hasil Uji Performa Alat dan Desain Alat

Sebelumnya para mahasiswa telah dibagi menjadi sembilan kelompok, masing-masing dengan studi kasus yang berbeda. Didampingi oleh dosen pembimbing, masing-masing kelompok berdiskusi dan merancang alat sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Setelah itu, masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan rancangan alat yang dibuat. Dalam sesi presentasi, setiap kelompok mahasiswa menjelaskan berbagai fitur, keunggulan, dan hasil performa uji coba dari alat yang mereka rancang kepada dosen penguji.

Desain Mesin Pengering Buah Labu Kuning

Diskusi terjadiantara dosen penguji dan kelompok mahasiswa, termasuk saran-saran yang dapat meningkatkan performa, keamanan dan nilai ekonomis dari alat yang dirancang. Selain itu, dosen penguji juga menekankan pentingnya memperhatikan perspektif produsen dan konsumen secara seimbang dalam perancangan alat. Presentasi ini tidak hanya menguji pemahaman teori mahasiswa, tetapi juga keterampilan mereka dalam merancang dan mengimplementasikan proyek yang memberikan manfaat nyata.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.