Bimbingan Teknis UPJA Se-DIY: Upaya Mendukung Ketahanan Pangan Daerah

Pada tanggal 18 Juli 2024, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Bimbingan Teknis Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) di Ruang Rapat Dinas Pertanian. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan UPJA dari setiap kabupaten di Yogyakarta bertujuan untuk  memberikan wawasan baru tentang mengelola UPJA secara efektif, efisien serta produktif.

Kegiatan Pemaparan Materi Bimbingan Teknis oleh Para Narasumber

Kegiatan Bimtek UPJA ini turut mengundang Dua dosen dari Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem sebagai narasumber materi pelatihan, yakni Sri Markumningsih, S.T.P., M.Sc., Ph.D. dan Dr. Ir. Radi, S.T.P., M.Eng., IPU, ASEAN Eng. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Bidang Tanaman Pangan DPKP DIY Bapak Andi Nawa Candra, S.P., M.P. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan dan harapan dari pelatihan ini serta menekankan pentingnya peningkatan kapasitas dan keterampilan peserta dalam mengelola UPJA sebagai bentuk upaya mendukung ketahanan pangan daerah.

Pemaparan Materi Bimbingan Teknis oleh Dr. Radi.

Ibu Sri Markumningsih membawakan materi tentang manajemen kelembagaan UPJA, memberikan panduan praktis mengenai pengelolaan dan optimalisasi kinerja lembaga UPJA. Sementara itu, Dr. Radi menyampaikan materi tentang pengembangan dan pemanfaatan mesin pertanian. Kedua materi ini saling terkait dalam peningkatan kapasitas dan kualitas UPJA secara manajemen sumber daya manusia dan inovasi alat mesin pertanian.

Pemaparan Materi Bimbingan Teknis oleh Sri Markumningsih

Suasana pelatihan ini berlangsung dengan antusiasme tinggi dan diwarnai diskusi interaktif antara narasumber dan peserta. Peserta aktif mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman, menciptakan suasana belajar yang dinamis. Diharapkan, bimbingan teknis ini dapat membantu peserta mengembangkan layanan UPJA di Kabupaten masing-masing dan mendukung ketahanan pangan berkelanjutan di Yogyakarta. Selain itu, kegiatan ini berkontribusi pada pencapaian SDGs, terutama poin 2 (Tanpa Kelaparan), poin 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur), dan poin 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.