Partisipasi Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM di Tropentag International Conference 2024 – Vienna, Austria: Memperluas Jejaring dan Peluang Kolaborasi Internasional

10 – 13 September 2024, Vienna – Austria. Tropentag 2024 – International Conference on Research in Tropical and Subtropical Agriculture, Natural Resource Management and Rural Development) merupakan kegiatan konferensi internasional interdisipliner tahunan yang berfokus pada penelitian di bidang pertanian tropis dan subtropis, pengelolaan sumber daya alam, dan pembangunan daerah rural. Pada penyelenggaraan tahun 2024 ini, Tropentag berlangsung di University of Natural Resources and Life Sciences, Vienna (BOKU), Austria pada 10 – 13 September 2024. Agenda ini secara bersama diorganisir oleh University of Berlin, University of Bohn, University of Gottingen, University of Hohenheim, University of Kassel – Witzenhausen, SALF e.v (Jerman), Ghent University (Belgia), Czech University of Life Sciences Prague (Republik Ceko), BOKU Vienna (Austria), serta the Council for Tropical and Subtropical Research (ATSAV e.V) yang berkerjasama dengan GIZ Fund International Agricultural Research (FIA). 

Konferensi ini merupakan salah satu agenda tahunan bergengsi dengan tingkat partisipasi yang cukup tinggi hingga lebih dari 500 peserta dari berbagai negara di Benua Eropa, Afrika, Amerika, dan Asia. Kegiatan ini terdiri atas 23 pre-conference workshops yang dapat dipilih, Art in Science Exhibitions, keynote speeches and discussions, oral presentation, poster presentation, photocompetition, hingga 7 post-conference workshops. Konferensi ini juga turut melingkupi isu – isu penelitian lebih luas, seperti transformasi di bidang pertanian dan agroekologi, peternakan, keamanan pangan, kehutanan, air dan lingkungan, sosio-ekologi, kesetaraan gender, hingga social science dalam konteks pembangunan daerah rural, pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan upaya penurunan kemiskinan.

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (DTPB FTP UGM) turut berpartisipasi aktif dalam Tropentag 2024 dengan mengikutsertakan dua presentasi poster dan mengikuti beberapa pre dan post conference workshops dengan berbagai tema. Pada Kamis, 12 September 2024 di poster sesi 4, Diah Ajeng Setiawati, S.T., M.ES., mahasiswa S3 Ilmu Teknik Pertanian, mempresentasikan poster riset dengan judul Investigation on Leaf Temperature and Water Use of Tatsoi Cultivation Under Light and Water Stress. Pada Jumat, 13 September 2024 di poster sesi 5, Dr. Prieskarinda Lestari, S.T., IPM., Dosen Departemen TPB FTP UGM, sukses mempresentasikan poster riset berjudul Tropical Waste Valorisation for Sustainable Resources: Developing Cellulose-based Biodegradable Paper from Coffee and Corn Husks, yang merupakan hasil penelitian kolaborasi Tim Riset Sambak dan kerjasama dengan Yanmar Environmental Sustainability Support Association (YESSA), Jepang.  Selama presentasi, diskusi dan tanya jawab dari peserta Tropentag 2024 berlangsung aktif interaktif dan antusias, memberikan pengetahuan baru untuk meningkatkan kualitas riset di masa mendatang.

Hal ini turut menambah jejaring dan peluang untuk kolaborasi Internasional kedepannya antara UGM dan berbagai kampus ternama dari berbagai Benua, terutama Eropa. Partisipasi aktif DTPB FTP UGM di TROPENTAG 2024 menunjukkan kontribusi nyata dalam pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan pada pertanian tropis dan subtropis, serta mendukung tercapainya pembangunan di daerah rural. Hal tersebut turut mendukung beberapa poin pada Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDGs) nomor 4 (Quality Education), nomor 8 (Decent Work and Economic Growth), 11 (Sustainable Cities and Communities), 12 (Responsible Consumption and Production), 13 (Climate Action), 15 (Life on Land), dan 17 (Partnerships for the Goals). 

Kontributor: Prieskarinda Lestari  

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.